Pengembangan paket pembelajaran IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kebakaran hutan untuk siswa SMP negeri 1 Turen / Cahyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kebakaran hutan untuk siswa SMP negeri 1 Turen / Cahyono

Cahyono (2010) Pengembangan paket pembelajaran IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kebakaran hutan untuk siswa SMP negeri 1 Turen / Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyono. 2009. Pengembangan Paket Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Kebakaran Hutan untuk siswa SMP Negeri 1 Turen. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Supriyono Koes H M.Pd MA (II) Drs. Triastono Imam P. M.Pd Kata kunci Paket IPA Terpadu Konstruktivisme Tema Kebakaran Hutan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi secara tegas menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/MTs merupakan IPA Terpadu. Hasil survey terbatas pada guru-guru IPA SMP/MTs di Jawa Timur dalam beberapa pelatihan PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) yang diselenggarakan oleh proyek MBE tahun 1996 menunjukkan bahwa sebagian besar guru (92 dari 118 orang atau 79%) mengalami kesulitan untuk merancang pembelajaran IPA Terpadu berdasarkan standar isi untuk kurikulum IPA. Oleh sebab itu hampir semua guru SMP belum melaksanakan pembelajaran secara terpadu (Koes dkk 2008) termasuk di SMP Negeri 1 Turen. Berdasarkan hal tersebut maka dikembangkan Paket Pembelajaran IPA Terpadu yang dapat membantu pelaksanaan pembelajaran IPA Terpadu. Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan paket pembelajaran IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kebakaran hutan untuk siswa SMP Negeri 1 Turen. Metode pengembangan paket pembelajaran IPA Terpadu yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan menurut Borg dan Gall yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan bentuk awal produk (4) penilaian produk dan (5) revisi produk (Borg dan Gall 2003 dalam Koes H. 2008). Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner kelayakan paket pembelajaran IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kebakaran hutan dan panduan pelaksanaannya yang diisi oleh tim penelaah. Jenis data berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa tanggapan saran dan kritik dari tim penelaah sedangkan data kuantitatif diperoleh dari analisis nilai rata-rata kuesioner skala likert. Hasil uji kelayakan dari tim penelaah menyatakan bahwa paket pembelajaran IPA Terpadu yang dikembangkan layak digunakan namun perlu direvisi dengan nilai rata-rata untuk paket IPA Terpadu adalah 3 57 dan nilai rata- rata untuk panduan pelaksanaannya adalah 3 59. Berdasarkan hasil pengembangan disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap paket Pembelajaran IPA Terpadu ini dengan melakukan eksperimen terhadap paket Pembelajaran IPA Terpadu dan panduan pelaksanaannya agar diketahui tingkat efektif dan efisiensinya dalam pembelajaran IPA Terpadu. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18080

Actions (login required)

View Item View Item