Pelaksanaan pembelajaran bahasa arab secara daring di kelas v madrasah ibtidaiyyah islamiyyah ngoro / Imroatus Sholihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran bahasa arab secara daring di kelas v madrasah ibtidaiyyah islamiyyah ngoro / Imroatus Sholihah

Imroatus Sholihah (0000) Pelaksanaan pembelajaran bahasa arab secara daring di kelas v madrasah ibtidaiyyah islamiyyah ngoro / Imroatus Sholihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bahasa Arab terkait pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab secara daring di MI Islamiyah Ngoro yang telah dilakukan peneliti diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran tersebut menghadapi beberapa kendala. Kendala-kendala tersebut diantaranya dalam satu hari siswa mendapat tugas yang bersamaan dengan mata pelajaran lain siswa cenderung bosan dan kurang minat dalam mengikuti pembelajaran daring serta kurangnya penggunaan media dan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Agar pembelajaran tetap berjalan sesuai dengan visi dan misi pembelajaran tentunya guru harus menerapkan pembelajaran yang berbeda berbasis tehnologi serta kreatif dan inovativ dengan pembelajaran saat pembelajaran secara daring berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran bahasa Arab secara daring di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Ngoro. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang terdapat dalam penelitian ini adalah (1) proses pembelajaran bahasa Arab di tengah pandemi (2) kurikulum (3) materi pelajaran (4) metode pembelajaran (5) media pembelajaran dan (6) evaluasi pembelajaran. Sumber data dalam penelitian ini adalah (1) guru bahasa Arab dan siswa-siswi kelas V MI Islamiyah Ngoro (2) materi pelajaran dari sumber pembelajaran (3) gambaran Madrasah dari dokumentasi-dokumentasi dan (4) profil Madrasah. Instrumen utama adalah peneliti sedangkan instrumen pendukung berupa lembar wawancara yang ditujukan kepada siswa siswi dan guru bahasa Arab serta lembar observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data ditempuh dengan pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab secara daring di kelas V MI Islamiyah Ngoro terdapat tiga kegiatan dalam pelaksanaan pembelajaran daring yaitu pembukaan kegiatan inti dan penutup. Dalam pelaksanaan guru menerapkan empat komponen pembelajaran yaitu (a) Metode yang diterapkan di kelas V saat daring menggunakan metode menjelaskan dan pemberian tugas. Dalam hal ini perlu adanya variasi dalam menerapkan metode pembelajaran bahasa Arab (b) Materi pelajaran yang didapatkan guru bersumber dari dua buku yakni yakni buku lembar kerja siswa bernama modul belajar mandiri dan juga buku paket berupa draf pdf yang sesuai dengan KMA 183 tahun 2019 guru masih memerlukan sumber lain untuk menunjang materi pembelajaran bahasa Arab agar lebih bervariasi (c) guru memerlukan pelatihan untuk penggunaan media pembelajaran terutama media digital yang digunakan dalam proses belajar mengajar (d) evaluasi dilakukan dua kali dalam satu sesemter dan juga dilakukan evaluasi di akhir proses pembelajaran bahasa Arab. Aspek yang ditekankan dalam evaluasi ini adalah penguasaan mufradat bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/180793

Actions (login required)

View Item View Item