Penerapan activity based assessment pada pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Malang / Retno Dian Fatmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan activity based assessment pada pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Malang / Retno Dian Fatmawati

Fatmawati, Retno Dian (2010) Penerapan activity based assessment pada pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Malang / Retno Dian Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatmawati Retno Dian.2009. Penerapan Activity based Assessment pada Pembelajaran Fisika dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Malang. Skripsi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sugiyanto S.Pd M.Si (II) Eny Latifah M.Si Kata kunci Activity based Assessment metode eksperimen keterampilan proses Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 7 Malang diketahui bahwa keterampilan proses siswa yang meliputi keterampilan dalam mengamati menafsirkan meramalkan menggunakan alat menerapkan konsep merencanakan kegiatan berkomunikasi dan bertanya masih rendah. Hal ini disebabkan metode pembelajaran yang sering digunakan oleh guru adalah metode ceramah dan diskusi. Selain itu guru masih menggunakan time-restiched model sebagai model asesmen yang digunakan dalam pembelajaran fisika. Guru hanya melakukan asesmen setelah proses pembelajaran selesai aspek yang dinilai hanya aspek kognitif saja dan tidak menyentuh keterampilan proses siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan Activity based Assessment dalam pembelajaran fisika dengan metode eksperimen dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses siswa kelas VIII-B SMP Negeri 7 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan yang diberikan pada penelitian ini berupa penerapan Activity based Assessment pada pembelajaran fisika dengan metode eksperimen. Activity based Assessment terdiri dari empat tahap yaitu penilaian kegiatan awal siswa (pretest) penilaian kerja siswa penilaian laporan hasil eksperimen dan penilaian presentasi siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 7 Malang dengan jumlah 39 siswa yang terdiri dari 31 siswa putri dan 8 siswa putra. Pokok bahasan yang dibelajarkan adalah cahaya dengan rincian materi pemantulan cahaya pembentukan bayangan jumlah bayangan dan pemantulan pada cermin cekung. Instrumen penelitian yang digunakan berupa rubrik penilaian yang meliputi penilaian kegiatan awal lembar observasi aktivitas siswa laporan dan presentasi lembar keterlaksanaan Activity based Assessment dan metode eksperimen serta catatan lapangan. Instrumen tindakan yang digunakan meliputi LKS dan RPP. Penerapan Activity based Assessment dalam pembelajaran fisika dengan metode eksperimen dapat terlaksana dengan baik dengan persentase keterlaksanaan semakin meningkat selama siklus I dan siklus II. Keterampilan proses siswa baik pada level individu maupun level kelas selama penerapan Activity based Assessment meningkat pada siklus I dan siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18072

Actions (login required)

View Item View Item