Efektivitas pelatihan asertivitas (Assertive Trainning) untuk meningkatkan perilaku asertif siswa kelas X SMAN 1 Karangrejo Tulungagung / Amalia Fitriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pelatihan asertivitas (Assertive Trainning) untuk meningkatkan perilaku asertif siswa kelas X SMAN 1 Karangrejo Tulungagung / Amalia Fitriana

Fitriana, Amalia (2011) Efektivitas pelatihan asertivitas (Assertive Trainning) untuk meningkatkan perilaku asertif siswa kelas X SMAN 1 Karangrejo Tulungagung / Amalia Fitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pelatihan asertivitas perilaku asertif teknik konseling Keterampilan asertif perlu dimiliki oleh siswa SMA. Namun kenyataannya banyak diantara siswa yang tidak berani untuk mengambil sikap secara tegas mengungkapkan suatu pernyataan pendapat pikiran dan perasaannya secara lugas. Mereka sering bimbang dan ragu-ragu dalam memilih cara berperilaku sebagai ciri keasertifan. Salah satu pelatihan yang efektif untuk meningkatkan perilaku asertif adalah menggunakan pelatihan asertivitas. Sejauh mana keefektifannya diperlukan uji empirik melalui penelitian. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pelatihan asertivitas (assertive training) untuk meningkatkan perilaku asertif siswa kelas X SMAN 1 Karangrejo Tulungagung. Sedangkan hipotesis yang digunakan adalah pelatihan asertivitas (assertive training) efektif untuk meningkatkan perilaku asertif siswa kelas X SMAN 1 Karangrejo Tulungagung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi siswa kelas X SMAN 1 Karangrejo Tulungagung tahun ajaran 2010/2011. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Jumlah subjek yang diambil sebanyak 60 siswa yang dibagi dalam 2 kelompok kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diperoleh melalui subjek menggunakan inventori perilaku asertif yang telah diuji validitasnya dengan menggunakan analisis butir dan uji reliabilitas dengan didapatkan r alpha sebesar 0.911 r tabel 0.04 dengan tingkat kepercayaan 95% . Analisis hasil penelitian adalah dengan menggunakan signifikansi statistik. Signifikansi statistik menggunakan uji t. Dari hasil penghitungan didapatkan nilai mean skor peningkatan perilaku asertif kelompok eksperimen sebesar 4 93 lebih tinggi dari pada kelompok kontrol sedangkan berdasarkan hasil uji beda (t-test) antar kelompok didapatkan nilai thitung sebesar 4 356 dengan signifikansi 0 000. Dari hasil analisis tersebut nilai thitung mempunyai signifikansi thitung kurang dari 0 05 maka dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan perilaku asertif antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan asertivitas efektif untuk meningkatkan perilaku asertif siswa kelas X SMAN 1 Karangrejo Tulungagung. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut (1) Bagi konselor diharapkan dapat menggunakan pelatihan asertivitas sebagai salah satu teknik untuk memberikan layanan bimbingan kepada siswa. (2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan serupa dengan menggunakan desain eksperimen yang berbeda sehingga hasil penelitian dapat dibandingkan. Dalam penelitian ini juga hanya melakukan satu kali post test sehingga tidak diketahui secara pasti berapa lama efek pemberian treatment. Ada baiknya jika dilakukan lebih dari satu kali pemberian post test untuk melihat tingkat efektivitas jangka panjang treatment pelatihan asertivitas terhadap peningkatan perilaku asertif subjek penelitian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1807

Actions (login required)

View Item View Item