Penerapan pembelajaran IPA terpadu model jaring laba-laba (webbed model) untuk meningkatkan prestasi belajar dan sikap ilmiah siswa kelas VII-B SMP Ma'arif NU Pandaan / Danang Sutowijoyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran IPA terpadu model jaring laba-laba (webbed model) untuk meningkatkan prestasi belajar dan sikap ilmiah siswa kelas VII-B SMP Ma'arif NU Pandaan / Danang Sutowijoyo

Sutowijoyo, Danang (2009) Penerapan pembelajaran IPA terpadu model jaring laba-laba (webbed model) untuk meningkatkan prestasi belajar dan sikap ilmiah siswa kelas VII-B SMP Ma'arif NU Pandaan / Danang Sutowijoyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan pemerintah berusaha untuk menyempurnakan kurikulum. Penyempurnaan kurikulum yang telah dilakukan saat ini adalah dengan menerapkan IPA terpadu dalam proses belajar-mengajar untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas VII-B SMP Ma arif NU Pandaan diketahui bahwa pembelajaran IPA yang diterapkan masih terpisah-pisah antara fisika kimia dan biologi. Siswa cenderung pasif dalam pembelajaran ditunjukkan dengan sikap ilmiah siswa yang rendah. Pada aspek kognitif yang dicerminkan oleh prestasi belajar siswa masih rendah. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan sikap ilmiah siswa melalui pembelajaran IPA terpadu model jaring laba laba (webbed model). Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tindakan berupa penerapan pembelajaran IPA terpadu model jaring laba laba. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri atas dua siklus dan tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan dengan disertai perbaikan disetiap siklusnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Ma arif NU Pandaan dengan jumlah 36 siswa. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi sikap ilmiah lembar observasi guru mengajar lembar penilaian prestasi belajar dan format catatan lapangan serta instrumen pembelajaran meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) lengkap dengan LKS dan bahan ajar. Teknik pengumpulan data meliputi observasi wawancara dokumentasi tes dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan analisis kualitatif yaitu analisis statistik deskriptif. Dari hasil analisis data didapatkan persentase sikap ilmiah pada siklus I sebesar 58 75% sedangkan pada siklus II sebesar 76 39%. Selain itu untuk prestasi belajar siswa didapatkan persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 63 89% sedangkan pada siklus II sebesar 88 89%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Untuk sikap ilmiah meningkat sebesar 17 64% sedangkan prestasi belajar meningkat sebesar 25 00% dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran IPA terpadu model jaring laba laba (webbed model) dapat meningkatkan prestasi belajar dan sikap ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18068

Actions (login required)

View Item View Item