Pembelajaran fisika melalui penggunaan media sederhana berbasis lingkungan pokok bahasan optik untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII-B MTs Miftahul-Qulub Pamekasan tahun ajaran 2008/2009 / Mohammad Cholid - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran fisika melalui penggunaan media sederhana berbasis lingkungan pokok bahasan optik untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII-B MTs Miftahul-Qulub Pamekasan tahun ajaran 2008/2009 / Mohammad Cholid

Cholid, Mohammad (2009) Pembelajaran fisika melalui penggunaan media sederhana berbasis lingkungan pokok bahasan optik untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII-B MTs Miftahul-Qulub Pamekasan tahun ajaran 2008/2009 / Mohammad Cholid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil observasi awal yang dilakukan di kelas VIII-B MTs Miftahul Qulub Pamekasan menunjukkan pembelajaran fisika pada umumnya masih berpusat pada guru (teacher centered) dan menggunakan metode ceramah. Motivasi belajar siswa dilihat dari minat perhatian dan ketekunan selama pembelajaran masih rendah. Demikian pula prestasi belajar fisika siswa juga masih rendah. Keadaan ini akan dicoba diperbaiki dengan penerapan pembelajaran fisika menggunakan media sederhana berbasis lingkungan. Pembelajaran ini diprediksi dapat mening-katkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa dengan menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran. Untuk menstrukturkan pembelajaran dengan media sederhana ini maka digunakan model pembelajaran Problem Base Instruction (PBI).Ada beberapa tahap model PBI yaitu orientasi siswa pada masalah mengor-ganisasikan siswa untuk belajar membimbing penyelidikan individu maupun kelompok mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan pembelajaran fisika melalui media sederhana berbasis lingkungan dengan tahapan model PBI (2) mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar fisika siswa dan (3) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar fisika siswa. Penelitian di kelas VIII-B MTs Miftahul Qulub Pamekasan dilaksanakan pada bulan Februari-Maret tahun pelajaran 2008/2009. Pendekatan yang diguna-kan adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Peneliti bertindak sebagai guru pengganti selama penelitian dengan dibantu oleh 4 observer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran fisika melalui media dengan tahapan PBI di kelas VIII-B telah terlaksana 85.71% pada siklus I dan 100% pada siklus II. Peningkatan motivasi belajar siswa untuk level kelas mengalami peningkatan pada semua aspek motivasi yaitu aspek minat sebesar 66 66% aspek perhatian sebesar 60% dan aspek ketekunan sebesar 53 34%. Hasil angket motivasi belajar siswa I menunjukkan index rata-rata motivasi belajar sebesar 2.9 (cukup) dan setelah tindakan sebesar 4.4 (baik). Hasil analisis angket motivasi belajar terkait pernyataan penerapan pembelajaran dengan media mengalami peningkatan index rata-rata dari 2.3 (kurang) menjadi index rata-rata 3.5 (baik). Prestasi belajar siswa untuk level individu yaitu jumlah siswa yang mendapatkan nilai mencapai SKM sekolah (nilai dari 44 68% menjadi 90 69% dengan peningkatan 46 01%. Sedangkan pada peningkatan prestasi level kelas diperoleh dari rata-rata nilai ulangan harian dari 63 40 menjadi 77 09 dengan kata lain peningkatan sebesar 13 69 (21 59%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18064

Actions (login required)

View Item View Item