Pengembangan paket pembelajaran IPA terpadu tema deterjen di SMPN 2 Singosari Malang / Linda Hauliq Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran IPA terpadu tema deterjen di SMPN 2 Singosari Malang / Linda Hauliq Hasanah

Hasanah, Linda Hauliq (2009) Pengembangan paket pembelajaran IPA terpadu tema deterjen di SMPN 2 Singosari Malang / Linda Hauliq Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hasanah Linda H. 2009. Pengembangan paket IPA terpadu tema deterjen di SMP negeri 2 singosari malang. Skripsi jurusan pendidikan fisika FMIPA Universitas Negeri Malang (1) Drs. Eddy Supramono (2) Drs. Parlan M.Si. Kata kunci Paket Pembelajaran IPA Terpadu Deterjen Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 (2006) secara tegas dinyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/MTs merupakan IPA Terpadu. Berdasarkan hasil penelitian evaluativ terhadap pendidikan IPA di SMP pada tahun 1996 menunjukkan bahwa pembelajaran IPA masih belum menekankan pada pemberian pengalaman langsung melalui kerja ilmiah. Berdasarkan hasil survei yang di selenggarakan proyek MBE (2006) sebagaian besar guru (92 dari 118 guru) kesulitan dalam merancang pembelajaran IPA terpadu yang sesuai dengan standar isi seperti yang terjadi di SMPN 2 Singosari Malang.selain itu pengamatan di beberapa toko buku dimalang menunjukkan belum ditemukan buku IPA terpadu. Penelitian ini mengembangkan paket pembelajaran IPA terpadu tema deterjen dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan paket pembelajaran IPA terpadu di SMPN 2 Singosari. Metode pengembangan paket pembelajaran IPA terpadu ini menggunakan 5 dari 10 tahap penelitian pengembangan Borg and Gall yaitu (1) Pengumpulan informasi dan penelitian (2) Perencanaan (3) Pengembangan bentuk awal produk (4) Uji lapangan awal dan (5) Revisi produk. Instrument penelitian berupa angket yang diisi oleh validator. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan nilai rata-rata angket skala likert sedangkan data kualitatif berupa saran yang digunakan sebagai masukan dalam memperbaiki paket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paket IPA terpadu tema deterjen di SMPN2 Singosari memiliki nilai rata-rata 3.73 dengan kriteria valid/tidak revisi sehingga paket IPA etrpadu tema deterjen sudah layak untuk digunakan oleh siswa SMPN2 Singosari Malang. Adapun panduan paket IPA terpadu tema deterjen memiliki nilai rata-rata 3.74 dengan kriteria valid/tidak revisi. Sehingga panduan paket IPA terpadu tema deterjen juga sudah layak untuk digunakan oleh guru SMPN 2 Singosari Malang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa paket IPA terpadu dan Panduan paket IPA terpadu tema deterjen sudah layak digunakan di SMPN 2 Singosari Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan penelitian lebih lanjut dengan melakukan 10 tahapan borg and Gall sehingga dihasilkan paket pembelajaran yang lebih valid dan sempurna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18057

Actions (login required)

View Item View Item