Wahyuningsih, Nining (2009) Penerapan metode demonstrasi terbimbing dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-C semester I SMP Negeri 10 Malang / Nining Wahyuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
4 ABSTRAK Wahyuningsih Nining. 2009. Penerapan Metode Demonstrasi Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri 10 Malang. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Purbo Suwasono M.Si. (II) Drs. Dwi Haryoto M.Pd. Kata kunci demonstrasi terbimbing prestasi belajar kualitas pembelajaran Pembelajaran Fisika di SMP Negeri 10 Malang telah menggunakan metode diantaranya berupa ceramah diskusi dan kadang-kadang metode demonstrasi. Namun di dalam implementasinya siswa masih kurang dalam keterampilan proses. Kekurang terampilnya siswa menyebabkan hasil belajar tidak dapat berjalan optimal. Untuk itu perlu diupayakan metode pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi belajar memberikan penjelasan dan memberikan stimulus atau rangsangan. Metode demonstrasi terbimbing ini merupakan salah satu metode yang dapat memenuhi keperluan ini. Selain itu pembelajaran pembelajaran fisika di SMP Negeri 10 Malang belum menerapkan metode demonstrasi terbimbing. Dengan penerapan metode demonstrasi terbimbing di dalam pembelajaran fisika siswa akan lebih termotivasi dalam belajar siswa akan lebih mendapatkan penjelasan dan memberikan rangsangan atau stimulus dan pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pembelajara fisika dan prestasi belajar siswa terhadap pembelajaran fisika. Penelitian ini mengkaji tentang ada tidaknya peningkatan kualitas dan Prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode demonstrasi terbimbing dalam pembelajaran kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 10 Malang semester 1 tahun pelajaran 2008/2009. Setelah dilakukan analisis secara diskriptif diperoleh data analisis prestasi belajar siswa menggunakan pretes dan postes pada siklus I didapat nilai rata-rata kelas 40 92 sedangkan untuk siklus II didapat rata-rata kelas sebesar 61 03. Prestasi siswa mengalami peningkatan sebesar 20 11 artinya setelah diterapkannya metode demonstrasi terbimbing di dalam pembelajaran kualitatif prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Sedangkan untuk kualitas pembelajaran fisika siswa yang diukur dari keterampilan proses dari setiap pertemuan mengalami peningkatan dalam hal keterampilan dalam menggunakan alat mengukur menganalisis data menarik kesimpulan dan keterampilan dalam bertanya. Diharapkan bagi guru fisika menerapkan metode demonstrasi terbimbing dalam pembelajaran fisika sebagai alternatif untuk meningkatkan kualitas belajar fisika siswa agar prestasi belajarnya makin meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18056 |
Actions (login required)
View Item |