Risnawati, R.A Meidiana (2009) Kinerja guru IPA SMP Negeri di Kabupaten Malang / R.A Meidiana Risnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sejak tahun 2006 penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) diberlakukan di Indonesia dan menurut Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No 22 Tahun 2006 substansi mata pelajaran IPA di SMP/ MTs merupakan IPA Terpadu sehingga pembelajarannya harus disajikan secara utuh terintegrasi dan menyatu antara berbagai disiplin ilmu yang diajarkan . Salah satu faktor terpenting dalam implementasi KTSP ialah kinerja guru dalam kemampuan mengaktualisasikan peran untuk mencapai kompetensi siswa. Namun diduga penerapan KTSP dan pembelajaran IPA secara Terpadu belum diimplementasikan oleh sebagian besar guru IPA yang menyebabkan masih rendahnya mutu pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk men getahui kinerja guru IPA SMP Negeri di Kabupaten Malang dalam kaitannya dengan pelaksanaan pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan rancangan pen elitian deskriptif kuantitatif karena penelitian ini bertujuan mendeskripsikan secara sistematis rinci da n akurat tentang kinerja guru IPA SMP Negeri di Kabupaten Malang. Sampel adalah 10 guru yang diperoleh dari 8 SMP Negeri di Kabupaten Malang dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen Pedoman Penilaian Praktek Mengajar dari Tim Sertifikasi Guru yang dikembangkan dan sudah divalidasi oleh beberapa tim ahli. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa guru IPA dalam melakukan kegiatan membuka pelajaran masih kurang baik (43 3%) dilihat dari indikator menarik minat dan keinginan siswa untuk belajar lebih lanjut menyampaikan pertanyaan dan meminta siswa bertanya. P enguasaan materi pembelajaran juga masih kurang baik (44 3%) khususnya kegiatan mengaitkan materi dengan cabang IPA lain yang relevan dan denga n realitas kehidupan. Strategi pembelajaran yang diterapkan sudah cukup baik (74%) pemanfaatan media juga sudah baik (77 5%) penilaian hasil belajar sudah cukup baik (63 8%) dan pelaksanaan refleksi di akhir pembelajaran masih kurang baik (36 3%) karena sedikit sekali guru yang melibatkan siswa dalam pelaksanaan refleksi . Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa kinerja guru IPA SMP Negeri di Kabupaten Malang masih sangat rendah khususnya pada kegiatan membuka pelajaran dan pelaksanaan refleksi. Untuk itu disarankan kepada guru untuk terus mengembangkan potensi mengajar dengan aktif mengikuti pelatihan workshop lokakarya MGMP penataran dan kegiatan sejenis sehingga dapat menunjang profesi sebagai motivator dan fasilitator dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Aug 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18044 |
Actions (login required)
View Item |