Pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan bekerja ilmiah dan hasil belajar fisika siswa SMAN 1 Gondanglegi Malang / Taufik Khurohman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan bekerja ilmiah dan hasil belajar fisika siswa SMAN 1 Gondanglegi Malang / Taufik Khurohman

Khurohman, Taufik (2010) Pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan bekerja ilmiah dan hasil belajar fisika siswa SMAN 1 Gondanglegi Malang / Taufik Khurohman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khurohman Taufik. 2008. Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Kemampuan Bekerja Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN I Gondanglegi Malang. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muhardjito M.S (2) Drs. Dwi Haryoto M. Pd. Kata kunci Group investigation kerja ilmiah hasil belajar Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMAN 1 Gondanglegi Malang diketahui bahwa guru fisika belum menerapkan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Siswa kurang termotivasi selama pembelajaran metode yang diterapkan adalah ceramah diskusi dan tanya jawab. Dalam menggunakan metode tersebut guru jarang melakukan praktikum juga jarang melibatkan siswa secara aktif sehingga pembelajaran yang terjadi dalam kelas tidak efektif. Secara tidak langsung hal tersebut berpengaruh terhadap kemampuan kerja ilmiah siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan hasil belajar siswa kelas X-B SMAN 1 Gondanglegi Malang. Ketercapaian tujuan tersebut dilakukan dengan memberikan tindakan berupa pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI). Model pembelajaran GI melibatkan aktivitas siswa secara penuh sesuai dengan tahap-tahap GI siswa lebih aktif dan termotivasi dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus penelitian dilakukan selama dua kali. Tahapan yang digunakan dalam penelitian adalah perencanaan pemberian tindakan observasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-B SMAN I Gondanglegi Malang dengan jumlah 39 siswa yang terdiri dari 23 siswa putri dan 16 siswa putra. Pokok bahasan yang digunakan pada penelitian ini adalah Alat Optik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kerja ilmiah siswa pada aspek penelitian/penyelidikan dan komunikasi ilmiah serta nilai dan sikap ilmiah namun pada aspek pengembangan kreativitas dan pemecahan masalah mengalami penurunan. Persentase peningkatan kemampuan kerja ilmiah secara keseluruhan dari siklus I ke siklus II sebesar 4 9%. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 23 0%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan kerja ilmiah dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18043

Actions (login required)

View Item View Item