Ptofil kompetensi siswa SMP Negeri di Kota Malang / Maria Ulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Ptofil kompetensi siswa SMP Negeri di Kota Malang / Maria Ulfa

Ulfah, Maria (2009) Ptofil kompetensi siswa SMP Negeri di Kota Malang / Maria Ulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan kurikulum KTSP pemberian pendidikan IPA di sekolah menengah bertujuan agar siswa paham dan menguasai konsep alam. Agar peserta didik SMP dapat mempelajari IPA dengan benar maka IPA harus dikenalkan secara utuh baik menyangkut objek persoalan maupun tingkat organisasi dari benda-benda yang ada di dalam alam semesta. Membelajarkan peserta didik untuk menguasai IPA bukan pada banyaknya konsep yang harus dihafal tetapi lebih ditekankan kepada bagaimana agar peserta didik meningkatkan kompetensi IPA dengan berlatih menemukan dan memahami konsep-konsep IPA melalui metode ilmiah dan sikap ilmiah dan peserta didik dapat melakukan kerja ilmiah termasuk dalam hal meningkatkan kreativitas dan mengapresisasi nilai-nilai. Namun diduga kurikulum IPA di Indonesia belum diimplementasikan oleh kebanyakan sekolah oleh sebab itu dapat berakibat pada rendahnya kompetensi IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil prestasi belajar IPA kerja ilmiah dan sikap ilmiah siswa SMP Negeri di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif karena penelitian ini bertujuan mendeskripsikan secara sistematis rinci dan akurat tentang profil kompetensi IPA siswa SMP Negeri di Kota Malang. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel 360 siswa yang diperoleh dari 5 SMP Negeri di Kota Malang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 9 butir soal tes prestasi belajar IPA dengan koefesien reliabilitas sebesar 0 65 11 butir soal tes kerja ilmiah dengan koefesien reliabilitas sebesar 0 64 dan 16 butir soal skala sikap dengan koefesien reliabilitas sebesar 0 82. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa profil prestasi belajar IPA siswa sebesar 62 4% profil kerja ilmiah sebesar 21 8% dan profil sikap ilmiah sebesar 75 4%. Dari data tersebut disimpulkan bahwa profil prestasi belajar IPA masih rendah profil kerja ilmiah sangat rendah dan profil sikap ilmiah lebih baik daripada keduanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18041

Actions (login required)

View Item View Item