Kemampuan melakukan penilaian dari mahasiswa Pendidikan Fisika FMIPA UM pesertta PPL selama penerapan lesson study di SMA Widya Gama Malang / Mahmuda Noviyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan melakukan penilaian dari mahasiswa Pendidikan Fisika FMIPA UM pesertta PPL selama penerapan lesson study di SMA Widya Gama Malang / Mahmuda Noviyani

Noviyani, Mahmuda (2009) Kemampuan melakukan penilaian dari mahasiswa Pendidikan Fisika FMIPA UM pesertta PPL selama penerapan lesson study di SMA Widya Gama Malang / Mahmuda Noviyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu kompetensi profesional keguruan yang dilatihkan pada peserta PPL adalah kemampuan melakukan penilaian. Waktu PPL yang sangat singkat yaitu 3 bulan dan sedikitnya kesempatan praktek di kelas kurang lebih 3kali mendorong guru pamong dosen pembimbing PPL dan peserta PPL untuk menerapkan Lesson Study selama pelaksanaan PPL di SMA Widya Gama Malang. Dengan penerapan Lesson Study diharapkan dapat melatih Mahasiswa Pendidikan Fisika untuk lebih intensif mencermati pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh rekannya maupun dirinya sendiri terutama dalam melaksanakan penilaian.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) keterlaksanaan penerapan lesson study di SMA Widya Gama yang dilakukan oleh Mahasiswa Pendidikan Fisika peserta PPL dari perspektif kemampuan melakukan penilaian 2) kemampuan melakukan penilaian dari mahasiswa pendidikan fisika peserta PPL dan pertumbuhannya. Kemampuan melakukan penilaian dibagi atas tiga sub yaitu kemampuan merencankan mengembangkan instrumen (kualitas instrumen)dan melaksanakan penilaian. Desain penelitian adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan ethnografi. Peneliti melebur atau terlibat langsung sebagai observer dalam pelaksanaan penerapan Lesson Study oleh Mahasiswa Pendidikan Fisika. Data dalam penelitian ini meliputi 1) keterlaksanaan penerapan lesson study 2) kemampuan melakukan penilain dari mahasiswa pendidikan fisika dan pertumbuhannya. Data tersebut diperoleh melalui angket observasi penilaian produk dokumentasi dan catatan lapangan. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitaif untuk mendeskripsikan variabel-variabel yang ada. Hasil penelitian menunjukkan 1) keterlaksanaan penerapan lesson study dari perspektif kemampuan melakukan penilaian sebesar 77 75 % dengan kategori terlaksana 2) kemampuan melakukan penilaian itu sendiri mmperoleh hasil sebesar 50 37 dengan kategori cukup baik. Sedangkan untuk pertumbuhan kemampuan melakukan penilaian ditinjau dari siklus lesson study yang dilaksanakan mengalami perubahan yang turun dari siklus 1 sebesar 60 68 dengan kategori cukup baik ke siklus 2 sebesar 59 11 dengan kategori cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18035

Actions (login required)

View Item View Item