Pengembangan paket pengenalan diri remaja untuk siswa SMP / Dian Ratna Novitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pengenalan diri remaja untuk siswa SMP / Dian Ratna Novitasari

Novitasari, Dian Ratna (2011) Pengembangan paket pengenalan diri remaja untuk siswa SMP / Dian Ratna Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan pengenalan remaja paket. Masa remaja merupakan bagian penting dalam perkembangan individu. Pada masa ini terjadi perubahan pada tubuh baik fisik maupun psikologi. Perkembangan individu dalam masa anak-anak dan remaja akan membentuk perkembangan diri orang tersebut dimasa dewasa. Pada perkembangan tersebut remaja harus paham terhadap dirinya sehingga bisa menyesuaikan diri. Masalah utama pada remaja yaitu masih labil masih mencari jati dirinya mengalami krisis identitas. Remaja butuh informasi yang tepat agar remaja mampu mengenal dirinya sebagai remaja dan tidak terjerumus pada hal-hal yang negatif. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan paket pengenalan diri remaja yang praktis digunakan sebagai media bimbingan tentang remaja. Paket pengenalan diri remaja yang dihasilkan harus memenuhi spesifikasi keberterimaan untuk siswa Rancangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini diadaptasi dari model pengembangan Borg Gall (1983). Model ini dinamakan penelitian dan pengembangan (research and development) yang terdiri dari 10 langkah (1) Penelitian dan pengumpulan informasi (2) Perencanaan (3) pengembangan produk (4) uji ahli (5) revisi produk utama (6) uji calon pengguna produk yaitu konselor (7) revisi produk (8) uji calon pengguna produk yaitu siswa (9) revisi (10) produk akhir Hasil produk pengembangan paket pengenalan diri remaja melalui uji ahli dan uji calon pengguna produk yaitu konselor dan siswa maka diperoleh karakteristik produk yang sangat berguna sangat mudah sangat tepat dan sangat menarik baik modul pengenalan diri remaja atau pedoman paket pengenalan diri remaja. Sehingga paket pengenalan remaja ini dapat dipakai sebagai layanan informasi. Berdasarkan hasil temuan-temuan pengembangan ini diajukan saran bagi konselor SMPN 5 Malang yaitu produk pengembangan paket pengenalan remaja ini dapat digunakan sebagai salah satu layanan informasi untuk siswa SMP. Bagi pengembang selanjutnya hasil produk pengembangan ini dapat diteliti lebih lanjut efektifitasnya dan memperluas subyek pengembangan pada tingkat satuan pendidikan lain dengan desain produk yang lebih menarik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1803

Actions (login required)

View Item View Item