Sinaga, Irma Aprilda (2009) Penerapan model inkuiri terbimbing dalam upaya meningkatkan kemampuan merumuskan kesimpulan materi gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan pada siswa SMPN 6 kelas VII.3 Malang tahun ajaran 2007/2008 / Irma Aprilda Sinaga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMPN 6 Malang siswa masih belum bisa merumuskan kesimpulan. Hal ini terlihat ketika guru memberikan data berupa data jarak 2m 4m 6m 8m 10m dan waktu 1s 2s 3s 4s 5s. Siswa ditugaskan membuat tabel dan grafik antara jarak dan waktu. Kemudian siswa ditugaskan membuat kesimpulan berdasarkan data dan grafik yang ada. Diperoleh siswa masih belum bisa membuat kesimpulan berdasarkan data yang ada. Siswa masih terlihat bingung dan tidak bisa membuat kalimat kesimpulan. Upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa merumuskan kesimpulan adalah melalui penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing. Siswa dapat dibimbing secara bertahap untuk memperoleh konsep fisika. Model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki empat tahapan yaitu pengajuan masalah penstrukturan masalah pengajuan hipotesis melakukan eksperimen. Pada pembelajaran inkuiri siswa terlibat langsung pada proses mengambilan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran model inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan kemampuan merumuskan kesimpulan siswa kelas VII..3 SMP Negeri 6 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I pada pokok bahasan Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan siklus II pada pokok bahasanGerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan merumuskan kesimpulan. Peningkatan kemampuan merumuskan kesimpulan dari siklus I ke siklus II sebesar 0 76 % untuk kejelasan kalimat 14 15 % untuk relevansi terhadap data 12 64 % untuk kebenaran konsep 9 85 % untuk kelengkapan konsep. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terjadi pada saat pengisian LKS dimana siswa dibimbing dan diarahkan untuk membuat kesimpulan dengan kalimat petunjuk LKS. Kalimat petunjuk LKS membimbing siswa menuju kesimpulan yang diharapkan. Pemberian tindakan berupa pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan siswa merumuskan kesimpulan pada siklus I sebesar 67 % pada siklus II sebesar 76% sehingga persentasi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 9%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18029 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |