Tias, Maria Febrianing (2010) Efektivitas teori belajar konstruktivisme dengan model pembelajaran investigasi kelompok pola kolaboratif terhadap peningkatan pengusaan konsep fisika siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Maria Febrianing Tias. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Tias Maria Febrianing. 2008. Efektivitas Teori Belajar Konstruktivisme Dengan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Pola kolaboratif Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Eddy Supramono (II) Drs. Sumarjono. Kata kunci Efektivitas Penguasaan Konsep kelompok pola kolaboratif. Salah satu upaya pembangunan dalam pencapaian tujuan pendidikan fisika adalah melalui strategi pembelajaran. Upaya perbaikan strategi pembelajaran dapat dilakukan dengan perbaikan teori pembelajaran. Teori belajar yang efektif untuk kegiatan pembelajaran yang melibatkan aktifitas siswa secara langsung adalah teori belajar yang berbasis konstruktivisme. Selain itu hal yang dapat menunjang pencapaian tujuan pendidikan fisika adalah pembelajaran kelompok. Salah satu jenis pembelajaran kelompok adalah pembelajaran kelompok pola kolaboratif. . Pembelajaran ini merupakan model pembelajaran dengan cara membagi kelas menjadi kelompok-kelompok kecil. Tiap kelompok terdiri dari siswa yng mempunyai kemampuan kognitif yang setingkat dan bekerja sama. Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mengetahui efektivitas teori belajar konstruktivisme dengan model pembelajaran investigasi kelompok pola kolaboratif terhadap peningkatan penguasaan konsep fisika siswa kelas X SMA Laboratorium UM. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian model randomized control group pretest postest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan di SMA laboratorium Universitas Negeri Malang dan berlangsung pada semester II tahun ajaran 2005/2006 antara bulan Februari-Mei 2006. pengumpulan data yang dilakukan adalah dari hasil pretes dan postes. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t gain score dengan menggunakan program SPSS release 10.00 for windows dan program Excel uji t-tes two-sample assuming equal variances. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa model pembelajaran konstruktivisme dengan investigasi kelompok pola kolaboratif efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa. Hasil ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata gain score pada kelas eksperimen yaitu sebesar 5 0738 dan -0 0303 untuk kelas kontrol. Sedangkan hasil interaksi siswa dalam kelompok menunjukkan bahwa kelompok kolaboratif lebih aktif dan berpartisipasi dalam kelompok daei pada kelompok acak. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi guru bidang studi khususnya fisika untuk menerapkan model pembelajaran konstruktivisme pola kolaboratif sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa. Bagi peneliti lain disarankan agar melaksanakan penelitian lebih lanjut terutama pada pola pola yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18028 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |