Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis animasi komputer pada pokok bahasan dinamika rotasi benda tegar untuk SMA kelas XI / Budi Hariyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis animasi komputer pada pokok bahasan dinamika rotasi benda tegar untuk SMA kelas XI / Budi Hariyono

Hariyono, Budi (2008) Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis animasi komputer pada pokok bahasan dinamika rotasi benda tegar untuk SMA kelas XI / Budi Hariyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hariyono Budi. 2008. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Komputer pada Pokok Bahasan Dinamika Rotasi Benda Tegar untuk SMA kelas XI. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Winarto (II) Drs. Mudjihartono Kata kunci pengembangan media fisika animasi Kemampuan komputer sebagai sarana pembelajaran memungkinkan dibuatnya media pembelajaran yang dapat menampilkan konsep-konsep fisika yang abstrak menjadi nyata baik dengan visualisasi statis (gambar diam) maupun dinamis (animasi). Dengan animasi konsep-konsep fisika yang sulit diperagakan bisa lebih tersampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran fisika berbasis animasi komputer yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran fisika SMA kelas XI. Desain pengembangan produk media pembelajaran ini memanfaatkan modifikasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg Gall yang terdiri dari studi pendahuluan pengembangan produk dan pengujian. Pengembangan produk menggunakan software SwishMax 2005. Pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap uji coba terbatas. Pengambilan data uji coba terbatas media pembelajaran dilakukan menggunakan instrumen berupa angket/kuisioner kepada ahli media ahli materi dan siswa. Kegiatan validasi dilakukan di SMA Negeri 9 Malang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik persentase. Dari hasil analisis data uji coba terbatas diketahui tingkat kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan sebesar 89 % menurut ahli media 84 % menurut ahli materi dan 84 % menurut siswa (audien). Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid dan secara keseluruhan dinyatakan baik serta dapat diujicobakan lebih luas agar nantinya bisa digunakan dalam pembelajaran. Meskipun demikian ada beberapa hal yang patut mendapatkan perhatian khusus diantaranya adalah pemilihan huruf dalam media yang masih kurang variatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18027

Actions (login required)

View Item View Item