Analisis implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) Dalam pembelajaran fisika di SMA Negri 2 Lamongan / Tika Dwi Jayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) Dalam pembelajaran fisika di SMA Negri 2 Lamongan / Tika Dwi Jayanti

Jayanti, Tika Dwi (2008) Analisis implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) Dalam pembelajaran fisika di SMA Negri 2 Lamongan / Tika Dwi Jayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jayanti Tika Dwi. 2008. Analisis Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 2 Lamongan. Skripsi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Purwaningsih M.Si (II) Drs. Subani Kata kunci implementasi KTSP pembelajaran fisika Sebagai SMA favorit maka SMA Negeri 2 Lamongan nantinya diharapkan dapat menjadi contoh atau teladan bagi SMA lain khususnya di Lamongan terutama dalam segi pembelajaran untuk mencetak sumber daya manusia yang berkualitas yaitu pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Oleh karena itu implementasi kurikulum penting dalam mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) implementasi KTSP dalam penyusunan perencanaan pembelajaran fisika di SMA Negeri 2 Lamongan yang terdiri dari silabus dan RPP. (2) implementasi KTSP dalam pelaksanaan pembelajaran fisika yang meliputi bahan ajar metode pembelajaran media pembelajaran serta penilaian pembelajaran. (3) faktor pendukung dan penghambat implementasi KTSP dalam pembelajaran fisika. (4) upaya untuk mengatasi faktor penghambatnya. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif karena data yang diperoleh dalam bentuk verbal dan dianalisis secara deskriptif. Untuk data yang berupa angket dianalisis dengan teknik persentase. Pendekatan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis data interaktif oleh Mile dan Huberman yang terdiri dari (1) Pengumpulan data (2) Reduksi data (3) Penyajian data (4) Penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran guru fisika kelas X di SMA Negeri 2 Lamongan yaitu berupa silabus dan RPP mempunyai kesamaan. Meskipun ada RPP yang berbeda tetapi sebagian besar RPPnya sama.(2) Pelaksanaan pembelajaran baik dilihat dari segi bahan ajar metode pembelajaran media pembelajaran maupun penilaiannya kurang bervariasi. (3) Faktor-faktor pendukungnya antara lain (a) sarana dan prasrana meskipun belum terpenuhi. (b) Kesiapan guru dalam membuat perencanaan pembelajaran. (c) Adanya pelatihan-pelatihan. (d) Kebijakan kepala sekolah. (e) Input siswa (f) Guru. Faktor-faktor penghambatnya yaitu (a) Sarana dan prasarana belum terpenuhi. (b) Kesulitan guru merancang pembelajaran (c) Kesulitan melakukan penilaian afektif.(d) Heterogenitas dan jumlah siswa. (e) Alokasi waktu terbatas. (4) Upaya mengatasi faktor penghambat antara lain (a) Sarana dan prasarana dipenuhi (b) Diadakan pelatihan-pelatihan tentang KTSP. (c) Untuk menilai secara afektif misalnya dilihat siswa yang rajin aktif ataupun sebaliknya. (d) Pengurangan jumlah siswa untuk tahun angkatan baru. (e) Memanfaatkan waktu dengan baik. Dari upaya-upaya tersebut yang belum terlaksana adalah memenuhi sarana dan prasarana (seperti alat-alat praktikum LCD) dan mengurangi jumlah siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18026

Actions (login required)

View Item View Item