Perbedaan model pembelajaran kelompok pola kolaborasi, pola tutor sebaya dan pola acak dengan implementasi physics by inquiry ditinjau dari peningkatkan prestasi belajar fisika dasar I / Yuliawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan model pembelajaran kelompok pola kolaborasi, pola tutor sebaya dan pola acak dengan implementasi physics by inquiry ditinjau dari peningkatkan prestasi belajar fisika dasar I / Yuliawati

Yuliawati (2009) Perbedaan model pembelajaran kelompok pola kolaborasi, pola tutor sebaya dan pola acak dengan implementasi physics by inquiry ditinjau dari peningkatkan prestasi belajar fisika dasar I / Yuliawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuliawati. 2008. Perbedaan Model Pembelajaran Kelompok Pola Kolaborasi Pola Tutor Sebaya dan pola acak dengan Implementasi Physics by Inquiri Ditinjau dari Peningkatan Prestasi Belajar Fisika Dasar I. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Eddy Supramono (II) Drs. Sumaryono Kata Kunci modul physic by inquiry pola kolaborasi pola tutorial sebaya pola acak prestasi belajar Matakuliah Fisika Dasar I merupakan merupakan matakuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UM tahun pertama sebagai prasyarat untuk mengambil matakuliah lebih lanjut. Pembelajaran matakuliah Fisika Dasar I yang diterapkan di Jurusan Fisika FMIPA UM pada umumnya adalah metode ceramah tanya jawab dan latihan soal. Selain itu pembelajaran kelompok sering digunakan untuk menunjang pembelajaran Fisika Dasar I. Pembelajaran kelompok yang sering digunakan adalah pembelajaran kelompok dengan pola acak. Pembentukan kelompok dengan pola acak kurang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa sehingga diperlukan pembentukan pola kelompok lain untuk dapat meningkatkan prestasi belajar. Dalam penelitian ini digunakan pembelajaran kelompok dengan pola kolaborasi dan pola tutorial sebaya. Walaupun dengan pembelajaran yang sama yaitu dengan menerapkan modul Physic by Inquiry namun peningkatan prestasi belajar bisa berbeda dengan adanya perbedaan pola pengelompokan. Perbedaan peningkatan prestasi akibat perbedaan pola pengelompokan inilah yang inin diketauhui dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan control-group pretest-postest-design. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Fisika semester 1 tahun angkatan 2007/2008 yang terdiri dari 6 kelas kemudian diambil sampel penelitian berdasarkan purposive sampling. Kelas A/C sebagai kelas tutorial sebaya kelas N/H sebagai kelas kolaborasi dan kelas B/D sebagai kelas acak. Instrumen berupa Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yang diadopsi dari modul Physic by Inquiry dan instrumen pengamatan berupa angket. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji Kruskal-Wallis (Kruskal-Wallis Test) yang merupakan uji nonparametrik karena data penelitian tidak terdistribusi secara normal. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian didapatkan nilai signifikansi untuk dua sisi sebesar 0.000 atau probabilitas dibawah 0.05. Nilai signifikansi ini yang digunakan untuk menarik kesimpulan hipotesis. Karena 0.000 0.05 maka Ho ditolak. Dari hasil analisis data penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan prestasi belajar Fisika Dasar I mahasiswa antara mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran kelompok pola kolaborasi pola tutorial sebaya dan pola acak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18024

Actions (login required)

View Item View Item