Prasetyo (2008) Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer (Computer Assisted Instruction/CAI) untuk pokok bahasan listrik dinamis bagai siswa SMA / Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prasetyo.2008. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer (Computer Assisted Instruction/CAI) Untuk Pokok Bahasan Listrik Dinamis Bagi Siswa SMA.Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Winarto (II) Drs. Edi Supriana M.Si. Kata kunci pengembangan media pembelajaran Computer Assisted Instruction Dengan perkembangan multimedia komputer saat ini wujud media pembelajaran tidak harus secara fisik hadir di hadapan siswa. Menurut Mayub (2005 21) media pembelajaran ini bisa dirancang dan dibuat dengan program yang sederhana dengan sistem multimedia yang baik penggunaannya mudah dan mobilitasnya tinggi. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa CD Media Pembelajaran Berbasis Komputer (Computer Assisted Instruction/CAI) untuk Pokok Bahasan Listrik Dinamis bagi siswa SMA dan diharapkan dapat digunakan pada proses pembelajaran Fisika di sekolah. Rancangan pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer (Computer Assisted Instruction/CAI) ini menggunakan model prosedural. Berdasarkan pada model pembuatan di atas maka Media Pembelajaran Berbasis Komputer (Computer Assisted Instruction/CAI) ini dibuat dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut Identifikasi Kebutuhan Perumusan Tujuan Pembelajaran Spesifikasi Media Pengembangan Prototipe Media Validasi Kelompok Kecil Revisi Tahap Pengemasan. Desain uji coba dalam pengembangan media ini adalah uji kelompok kecil yang bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan media pembelajaran ini dalam skala kecil. Validasi ini meliputi 3 subyek coba yaitu ahli media ahli materi dan audien. Ahli media adalah orang yang berpengalaman dalam bidang multimedia komputer. Ahli materi adalah orang yang berpengalaman dalam bidang materi fisika. Sedangkan audien adalah siswa SMA. Jenis data yang didapat ada dua macam yaitu berupa data kuantitatif dan data kualitatif untuk perbaikan media. Dalam pengembangan media pembelajaran ini teknik yang digunakan untuk menganalisa data adalah teknik analisis data persentase. Persentase hasil analisis data validator Ahli Media menunjukkan nilai sebesar 85% (VALID) dari Ahli Materi sebesar 76 7% (CUKUP VALID) dan dari Audien (Siswa) sebesar 82 4% (VALID). Berdasarkan analisa data hasil validasi ahli media dan ahli materi maka ada beberapa bagian produk yang perlu direvisi. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan manfaat multimedia ini sebagai pembelajaran di sekolah. Dari perolehan tersebut dapat disimpulkan bahwa produk hasil Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer (Computer Assisted Instruction/CAI) untuk Pokok Bahasan Listrik Dinamis bagi Siswa SMA ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Dec 2008 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2008 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18023 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |