Penerapan pembelajaran kontekstual model siklus belajar untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah siswa kelas VIII-B SMP Dharma Wanita Unibraw Malang / Herlin Tri Rochmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual model siklus belajar untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah siswa kelas VIII-B SMP Dharma Wanita Unibraw Malang / Herlin Tri Rochmawati

Rochmawati, Herlin Tri (2008) Penerapan pembelajaran kontekstual model siklus belajar untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah siswa kelas VIII-B SMP Dharma Wanita Unibraw Malang / Herlin Tri Rochmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rochmawati Tri Herlin. 2008. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Model Siklus Belajar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kemampuan Kerja Ilmiah Siswa Kelas VIII-B SMP Dharma Wanita Unibraw Malang. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Asim M.Pd (II) Hari Wisodo S.Pd M.Si Kata kunci kemampuan kerja ilmiah pembelajaran kontekstual prestasi belajar siklus belajar Berdasarkan hasil wawancara dengan guru fisika SMP Dharma Wanita Unibraw Malang menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah. Hasil observasi juga menunjukkan bahwa metode eksperimen jarang dilakukan. Hal itu menyebabkan siswa hanya sebagai penerima informasi dan siswa menjadi pasif serta kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Siswa kurang terampil dalam menggunakan alat-alat percobaan dan melakukan percobaan. Prestasi belajar siswa juga sangat rendah serta jumlah siswa yang tuntas belajar hanya 34 5% dari 29 siswa. Ketuntasan belajar siswa didasarkan pada SKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 60. Model pembelajaran yang dipilih untuk menumbuhkan keaktifan siswa adalah pembelajaran dengan pendekatan kontekstual model siklus belajar. Pendekatan Pembelajaran kontekstual diharapkan mampu menghasilkan pembelajaran yang lebih bermakna dan siswa belajar secara alamiah melalui bekerja dan belajar. Berdasarkan berbagai permasalahan tersebut guru dan peneliti sepakat untuk menggunakan metode siklus belajar dengan 4 tahapan yaitu eksplorasi eksplanasi ekspansi dan evaluasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tindakan berupa penerapan pembelajaran kontekstual model siklus belajar yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMP Dharma Wanita Unibraw Malang dengan subjek penelitian kelas VIII-B. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes dan pedoman observasi. Prosedur pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara observasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data paparan data verifikasi penarikan kesimpulan dan refleksi. Ketercapaian hasil prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah siswa dianalisis dengan menggunakan persentase. Hasil analisis pada siklus I dan siklus II menunjukkan prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah siswa kelas VIII-B SMP Dharma Wanita Unibraw Malang mengalami peningkatan. Peningkatan prestasi belajar dari siklus I ke siklus II adalah 13 9% sedangkan kemampuan kerja ilmiah diperoleh peningkatan sebesar 5 1%. Dilakukan siklus II karena prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah belum memenuhi SKM bahkan aspek pengembangan kreativitas dan pemecahan masalah mengalami penurunan skor. Meskipun demikian penerapan pembelajaran kontekstual dengan model siklus belajar mampu meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmah siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Nov 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18021

Actions (login required)

View Item View Item