Kajian model pembelajaran kelompok pola kooperatif, pola tutorial sebaya dan pola acak dengan mengimplementasikan physics by inquiry terhadap peningkatan prestasi belajar fisika dasar I / Yunita Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian model pembelajaran kelompok pola kooperatif, pola tutorial sebaya dan pola acak dengan mengimplementasikan physics by inquiry terhadap peningkatan prestasi belajar fisika dasar I / Yunita Agustina

Agustina, Yunita (2008) Kajian model pembelajaran kelompok pola kooperatif, pola tutorial sebaya dan pola acak dengan mengimplementasikan physics by inquiry terhadap peningkatan prestasi belajar fisika dasar I / Yunita Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustina Yunita. 2008. Kajian Model Pembelajaran Kelompok Pola Kooperatif Pola Tutorial Sebaya dan Pola Acak dengan Mengimplementasikan Physics by Inquiry terhadap Peningkatan Prestasi belajar Fisika Dasar I. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Eddy Supramono (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd Kata Kunci pembelajaran kelompok modul physic by inquiry prestasi belajar Fisika Dasar I Matakuliah Fisika Dasar I merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa fisika pada tahun pertama pada semester pertama. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan didapatkan hasil bahwa lebih dari 25% mahasiswa mengalami kegagalan dengan memperoleh nilai D meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pembelajaran Fisika Dasar I jarang sekali melakukan pembelajaran kelompok dengan pola tertentu. Kalaupun ada dilaksanakan pembelajaran kelompok yang digunakan adalah pola acak. Pada penelitian ini tidak menerapkan metode pembelajaran inkuiri murni tetapi pembelajaran dengan menggunakan modul yang diadaptasi dari buku Physics by Inquiry. Penelitian ini juga menekankan pada pola kelompok berdasarkan kriteria pengelompokkan menurut Damon dan Phelps. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur perbedaan peningkatan prestasi belajar antara model pembelajaran kelompok pola kooperatif tutorial sebaya dan acak serta mengukur efektifitas ketiga model pembelajaran kelompok tersebut dalam meningkatkan prestasi belajar Fisika Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan rancangan penelitian Control group pre-test-post-test. Terdapat dua jenis variabel yaitu prestasi belajar sebagai variabel terikat metode pembelajaran kelompok pola kooperatif pola tutorial sebaya dan pola acak sebagai variabel bebas. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 tahun angkatan 2007/2008 Jurusan Fisika dengan sampel penelitian yaitu kelas AA/CC A/C dan B/D yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Analisis yang digunakan yaitu dengan uji Anava dan uji Paired Sample T Test. Berdasarkan analisis yang dilakukan didapatkan hasil bahwa data peningkatan prestasi kelompok pola acak tidak terdistrubusi normal sehingga uji yang digunakan yaitu uji Kruskal-Wallis dan diperoleh nilai statistik hitung 15 171 statistik tabel 5 991 dan nilai signifikansi 0 001 0 05 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan peningkatan prestasi diantara ketiga pola kelompok tersebut. Berdasarkan perbandingan rata-rata peningkatan prestasi didapatkan hasil rata-rata peningkatan prestasi pola tutorial sebaya 12 086 rata-rata peningkatan presatsi pola acak 0 421 rata-rata peningkatan prestasi pola kooperatif 12 476 sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kelompok pola kooperatif lebih efektif dalam meningkatkan presatsi belajar Fisika Dasar I dibandingkan dengan metode pembelajaran kelompok pola tutorial sebaya dan pola acak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Nov 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18019

Actions (login required)

View Item View Item