Analisis kesulitan guru fisika dalam upaya mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMA Negeri se-kabupaten Hulu Sungai Utara / Eka Anggeraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesulitan guru fisika dalam upaya mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMA Negeri se-kabupaten Hulu Sungai Utara / Eka Anggeraini

Anggeraini, Eka (2009) Analisis kesulitan guru fisika dalam upaya mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMA Negeri se-kabupaten Hulu Sungai Utara / Eka Anggeraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan melalui kegiatan wawancara dan observasi diperoleh informasi bahwa guru-guru SMA Negeri di kabupaten Hulu Sungai Utara masih mengalami kesulitan melaksanakan pembelajaran fisika secara utuh sistematis dan berkesinambungan dalam upaya mengimplementasikan KTSP. Hal ini ditunjukkan beberapa guru kesulitan membuat silabus dan RPP. Kegiatan pembelajaran yang sering digunakan guru masih menggunakan metode ceramah dan kurang melibatkan siswa.Metode praktikum jarang digunakan dalam pembelajaran karena waktu pelaksanaannya kurang efisien. Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesulitan yang dihadapi guru fisika dalam upaya mengimplementasikan KTSP dan upaya yang ditempuh guru untuk mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif yang bersifat eksploratif. Subjek penelitian adalah guru fisika se-Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan jumlah 10 orang. Instrumen penelitian berupa angket dan wawancara. Teknik pengumpulan data meliputi observasi wawan cara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru fisika di SMA Negeri se-Kabupaten Hulu Sungai Utara secara konseptual sudah mampu menerapkan KTSP dalam pembuatan perencanaan pembelajaran namun dalam aplikasinya masih mengalami kesulitan. Hal ini karena KTSP masih baru dilaksanakan di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Kesulitan tersebut antara lain (1) guru masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan kompetensi dasar k e dalam indikator pembelajaran (2) menyusun rencana pembelajaran (3) kesulitan pada saat menganalisis instrumen penilaian. Dalam melaksanakan pro ses pembelajaran secara keseluruhan guru fisika cukup mengalami kesulitan menentukan media yang dapat membangkitkan minat dan motivasi sisw a dalam pembelajaran. Sistem penilaian yang diterapkan oleh guru meli puti penilaian proses dan hasil yang mencakup aspek afektif kognitif dan psikomotorik. Penilaian proses dilaksanakan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung sedangkan penilaian hasil belajar dilakukan setiap selesai pembelajaran. Kesulitan guru pada saat melaksanakan penilaian antara lain (1) menilai siswa satu persatu karena jumlah siswa yang banyak (2) memancing kreativitas siswa dal am kegiatan psikomotorik (3) kesulitan dalam memberikan tes yang mencakup keseluruhan ranah kognitif (Taksonomi Bloom) C1(pengetahuan) C2 (pemahaman) C3 (aplikasi) C4 (analisa) C5 (sintesa) dan C6 (evaluasi).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18017

Actions (login required)

View Item View Item