Perbedaan peningkatan prestasi belajar fisika dasar I dengan model pembelajaran kelompok pola tutorial sebaya dan acak dengan implementasi physics by inquiry pada mahasiswa Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang / Nora Susiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan peningkatan prestasi belajar fisika dasar I dengan model pembelajaran kelompok pola tutorial sebaya dan acak dengan implementasi physics by inquiry pada mahasiswa Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang / Nora Susiana

Susiana, Nora (2009) Perbedaan peningkatan prestasi belajar fisika dasar I dengan model pembelajaran kelompok pola tutorial sebaya dan acak dengan implementasi physics by inquiry pada mahasiswa Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang / Nora Susiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian tahun 2005 menunjukkan lebih dari 25% mahasiswa gagal pada matakuliah Fisika Dasar I yang wajib diikuti dan dikuasai oleh mahasiswa program studi pendidikan fisika sebagai calon pendidik. Pembelajaran yang mungkin mengatasi masalah di atas adalah inkuiri dengan mengadaptasi modul Physics By Inquiry yaitu modul mengenai pembelajaran fisika yang berbasis inkuiri. Inkuiri dapat dilakukan dengan pembelajaran kelompok yang memperhatikan keadaan kognitif mahasiswa yaitu pembelajaran kelompok pola tutorial sebaya. Penelitian ini bertujuan (1) mengukur perbedaan peningkatan prestasi belajar Fisika Dasar I dengan model pembelajaran kelompok pola tutorial sebaya dan acak dengan implementasi modul Physics By Inquiry pada mahasiswa jurusan fisika FMIPA UM (2) mendeskripsikan pola interaksi mahasiswa dalam kelompok pola tutorial sebaya. Rancangan penelitian menggunakan Control Group Pre-test-Pos-test Design dengan desain eksperimen semu. Pola pengelompokkan sebagai variabel bebas dan data peningkatan prestasi belajar fisika sebagai variabel terikat. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Fisika semester 1 tahun angkatan 2007/2008 yang terdiri dari 6 kelas kemudian diambil sampel penelitian berdasarkan purposive sampling. Kelas A/C sebagai kelas eksperimen dan kelas B/D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes objektif Lembar Kerja Mahasiswa yang diadaptasi dari modul Physics By Inquiry dan instrumen pengamatan. Analisis yang digunakan dengan metode nonparametrik yaitu Mann-Whitney U test melalui uji prasyarat analisis. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan prestasi belajar Fisika Dasar I antara mahasiswa yang diajar dengan pola tutorial sebaya dan pola acak rata-rata peningkatan prestasi belajar Fisika Dasar I kelas tutorial sebaya lebih tinggi dari kelas acak sehingga model pembelajaran kelompok pola tutorial sebaya lebih baik meningkatkan prestasi belajar Fisika Dasar I dibanding-kan pengelompokan pola acak pada mahasiswa Jurusan Fisika tahun angkatan 2007/2008 FMIPA Universitas Negeri Malang. Selain itu juga terdapat pola interaksi positif antara anggota kelompok kelas tutorial sebaya. Tutor mengaktif-kan kegiatan belajar dan memiliki andil besar saat penarikan kesimpulan tugas kelompok mengatur dan mengorganisasi kegiatan kelompok dan terdapat kesadar-an antar anggota untuk bersikap dan berperilaku aktif untuk tujuan belajar yakni mencapai tingginya peningkatan prestasi belajar Fisika Dasar I.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Apr 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18015

Actions (login required)

View Item View Item