Penerapan pembelajaran fisika dengan model latihan inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses ilmiah siswa kelas X-4 SMAN 5 Malang tahun ajaran 2007/2008 / Lalu Gede Sudarman - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran fisika dengan model latihan inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses ilmiah siswa kelas X-4 SMAN 5 Malang tahun ajaran 2007/2008 / Lalu Gede Sudarman

Sudarman, Lalu Gede (2009) Penerapan pembelajaran fisika dengan model latihan inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses ilmiah siswa kelas X-4 SMAN 5 Malang tahun ajaran 2007/2008 / Lalu Gede Sudarman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMAN 5 Malang ditemukan bahwa ceramah merupakan metode yang paling sering digunakan guru selama proses pembelajaran fisika berlangsung. Selama semester I guru hanya dua kali mengajak siswa melakukan kegiatan praktikum. Penerapan pembelajaran seperti ini mengakibatkan keterampilan proses ilmiah yang ada pada diri siswa seperti kemampuan melakukan pengamatan merumuskan hipotesis menggunakan alat mengumpulkan data mengidentifikasi variabel dan membuat kesimpulan tidak tampak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses ilmiah siswa kelas X-4 SMAN 5 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-4 SMAN 5 Malang dengan jumlah 37 siswa yang terdiri dari 26 orang putri dan 11 orang putra. Pokok bahasan yang digunakan pada penelitian ini adalah kalor dan rangkaian listrik seri paralel. Instrumen penelitian yang digunakan berupa rubrik penilaian keterampilan proses ilmiah siswa rekaman data dan catatan lapangan. Instrumen pembelajaran yang digunakan meliputi LKS dan RPP. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan proses ilmiah siswa meningkat. Peningkatan keterampilan proses tersebut dari siklus I ke siklus II adalah 15 33% untuk keterampilan melakukan pengamatan 24 35% untuk keterampilan menyusun hipotesis 8 60% untuk keterampilan melakukan percobaan 6 00% untuk keterampilan mengumpulkan data 9 13% untuk keterampilan mengidentifikasi variabel dan 11 50% untuk keterampilan membuat kesimpulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18014

Actions (login required)

View Item View Item