Kajian model pembelajaran investigasi kelompok pola kooperatif, kolaborasi, dan acak dengan implementasi modul physics by inquiry berdasarkan pemahaman konsep fisika dasar I mahasiswa Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang / Siti Swaibatun - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian model pembelajaran investigasi kelompok pola kooperatif, kolaborasi, dan acak dengan implementasi modul physics by inquiry berdasarkan pemahaman konsep fisika dasar I mahasiswa Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang / Siti Swaibatun

Swaibatun, Siti (2009) Kajian model pembelajaran investigasi kelompok pola kooperatif, kolaborasi, dan acak dengan implementasi modul physics by inquiry berdasarkan pemahaman konsep fisika dasar I mahasiswa Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang / Siti Swaibatun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan penelitian salah satu penyebab ketidaklulusan mahasiswa pada matakuliah Fisika Dasar I adalah rendahnya tingkat kecerdasan dan memampuan ber-fikir mahasiswa yang salah satu indikatornya adalah tidak bisa menangkap dengan ce-pat penjelasan yang disampaikan oleh dosen. Hal ini erat kaitannya dengan ketidak co-co kan model pembelajaran yang diterapkan oleh dosen sehingga mahasiswa sulit mema-ha mi konsep Fisika Dasar I. Untuk itu dilakukan suatu upaya agar mahasiswa mudah memahami konsep. Upaya tersebut berupa penerapan model pembelajaran investigasi kelompok pola kooperatif kolaborasi dan acak dengan mengimple men tasikan modul Physics By Inquiry. Tujuan penerapan model pembelajaran tersebut adalah mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara kelompok pola kooperatif kelompok pola kolaborasi dan kelompok pola acak serta untuk melihat kelompok pola yang paling efektif diantara ketiga kelompok tersebut. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Fisika Universi tas Negeri Malang angkata 2007 yang jumlahya 6 kelas. Dari enam kelas tersebut dipilih tiga kelas secara acak sebagai sampel yaitu kelas CC/AA N/H dan kelas D/B. Jenis penelitian ini adalah semi eksperimental (Quasi Experi men tal) dengan mengambil model Randomized Contol-Group Pretes-Postes De sign . Sebagai variabel terikat adalah pemahaman konsep mahasiswa dan variabel bebasnya ada lah pembelajaran yang menggunakan kelompok pola kooperatif kelompok pola kolaborasi dan kelompok pola acak. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis variansi A (ANOVA) lewat program SPSS Releasee 14.0 for windows untuk mencari terdapat atau tidaknya perbedaan antara kelompok pola kooperatif kelompok pola kolaborasi dan kelompok pola acak. Untuk melihat kelompok pola yang paling efektif dari ketiga kelompok berdasarkan pemahaman konsep mahasiswa digunakan analisis Deskriptif Kualitatif yang didasarkan pada rata-rata skor postes. Hasil analisis data yang diperoleh disimpulkan dari analisis ANOVA menyatakan bahwa terdapat perbedaan antara kelompok pola kooperatif kelompok pola kolaborasi dan kelompok pola acak dengan signifikansi 0.000. Dari analisis Deskriptif Kualitatif diperoleh bahwa mean kelompok pola kooperatif dan kelompok pola kolaborasi lebih besar dibandingkan dengan mean kelompok pola acak sehingga dapat disimpulka bahwa kelompok pola kooperatif dan kelompok pola kolaborasi lebih efektif dibandingkan dengan kelompok pola acak. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran investigasi kelompok pola kooperatif kelompok pola kolaborasi dan kelompok pola acak dengan mengimplementasikan modul Physics by Inquiry berdasarkan pemahaman konsep Fisika Dasar I dan kelompok pola kooperatif dan kelompok pola kolaborasi lebih efektif dibandingkan dengan kelompok pola acak sehingga disarankan kepada siapapun se kiranya akan membentuk kelompok belajar seyogyanya membentuk kelompok belajar dengan berpola baik pola kolaborasi maupun pola kooperatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18013

Actions (login required)

View Item View Item