Penerapan pembelajaran kooperatif model TAI (team assisted individualization) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 4 SMA N 4 Malang / Nikmatul Izah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model TAI (team assisted individualization) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 4 SMA N 4 Malang / Nikmatul Izah

Izah, Nikmatul (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model TAI (team assisted individualization) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 4 SMA N 4 Malang / Nikmatul Izah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan pembelajaran di kelas XI IPA 4 SMA N 4 Malang masih menggunakan pendekatan konvensional yang banyak menekankan pada metode ceramah. Keaktifan dan prestasi belajar siswa masih tergolong rendah tampak rerata prestasi siswa dibawah Standart Ketuntasan Minimal (SKM). Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model TAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pemberian tindakan kelas observasi serta refleksi. Siklus I sub materi keseimbangan partikel dan resultan gaya pada benda tegar siklus II sub materi kesetimbangan benda tegar siklus III sub materi titik berat dan jenis-jenis kesetimbangan. Subyek penelitian siswa kelas XI IPA 4 SMA N 4 Malang dengan jumlah 40 siswa yang terdiri dari 23 orang putri dan 17 orang putra. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ada tiga yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran kooperatif model TAI lembar observasi keaktifan belajar siswa dalam kelompok dan instrumen prestasi belajar berupa soal pretes dan postes. Data dalam penelitian berupa keterlaksanaan pembelajaran kooperatif model TAI keaktifan belajar siswa dalam kelompok dan prestasi belajar siswa. Data keterlaksanaan pembelajaran diperoleh melalui kegiatan observasi sepanjang proses pembelajaran keaktifan belajar siswa dalam kelompok diperoleh melalui kegiatan observasi selama tahap diskusi kelompok berlangsung. Sedangkan prestasi belajar diperoleh melalui nilai pretes dan postes siswa yang memenuhi SKM. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang menerapkan pembelajaran kooperatif model TAI adalah pada siklus III keterlasanaan penerapan pembelajaran kooperatif model TAI oleh guru dan oleh siswa mencapai 100% sedangkan pada siklus I dan II keterlaksanaaan oleh siswa hanya 80 %. Keaktifan belajar siswa dalam kelompok dan prestasi belajar pada siklus III yang menunjukkan adanya peningkatan dibandingkan dengan siklus I dan II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18010

Actions (login required)

View Item View Item