Pengembangan komik fisika pokok bahasan bunyi sebagai media pembelajaran yang menarik dan efektif untuk siswa SMP kelas VIII / Istianah Qudsi FT. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan komik fisika pokok bahasan bunyi sebagai media pembelajaran yang menarik dan efektif untuk siswa SMP kelas VIII / Istianah Qudsi FT.

Qudsi FT., Istianah (2010) Pengembangan komik fisika pokok bahasan bunyi sebagai media pembelajaran yang menarik dan efektif untuk siswa SMP kelas VIII / Istianah Qudsi FT. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Taqqiya Istianah Qudsi Falkhi. 2008. Pengembangan Komik Fisika Pokok Bahasan Bunyi sebagai Media Pembelajaran yang Menarik dan Efektif Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Winarto. (II) Drs. Mudjihartono. Kata kunci komik fisika media pembelajaran menarik efektif. Menurut sebagian orang tua guru dan tokoh pendidikan komik bernilai negatif bahkan mayoritas sekolah melarang siswa untuk membawa dan membaca komik. Komik dianggap media penyebab kemalasan belajar siswa. Padahal komik adalah salah satu media komunikasi yang efektif bagi anak. Dengan komik anak menjadi lebih mudah termotivasi belajar konsep-konsep yang abstrak dapat disederhanakan dan prinsip-prinsip dapat secara langsung diterapkan. Dengan demikian pembelajaran menjadi lebih menggairahkan belajar lebih mudah dan tujuan dapat tercapai lebih optimal. Berdasarkan fakta tersebut perlu diadakan penelitian tentang pengemba- ngan komik fisika pokok bahasan bunyi sebagai media pembelajaran yang mena- rik dan efektif untuk siswa SMP kelas VIII. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk komik yang valid menarik dan efektif sebagai media pembelajaran fisika pokok bahasan bunyi untuk siswa SMP kelas VIII. Metode pengembangan yang digunakan adalah memodifikasi model pengembangan media pendidikan Sadiman dengan langkah-langkah yaitu identifi- kasi kebutuhan analisis tujuan pengembangan materi penyusunan petunjuk pemanfaatan produksi validasi revisi dan media siap digunakan dalam pembelajaran. Dari hasil evaluasi mahasiswa didapatkan persentase hasil keseluruhan untuk kualitas komik sebesar 70 62% dinyatakan cukup valid dan 73 75% untuk daya tarik komik dinyatakan cukup tinggi. Evaluasi ahli mendapatkan persentase hasil keseluruhan untuk kualitas komik adalah 78 33% untuk ahli materi dinyata- kan cukup valid dan 84 44% untuk ahli media dinyatakan valid. Sedangkan dari hasil uji coba pada audiens/siswa menghasilkan persentase kualitas komik keselu- ruhan 80 81% dan dinyatakan valid persentase daya tarik komik keseluruhan 83 00% dinyatakan memiliki daya tarik tinggi dan hasil tes nilai rata-rata kelas mencapai 77 50 lebih tinggi dari SKM yaitu 72. Berdasarkan hasil tersebut di- nyatakan komik yang dihasilkan valid menarik dan efektif sebagai media pembe- lajaran fisika pokok bahasan bunyi untuk siswa SMP kelas VIII. Namun untuk kesempurnaan dilakukan revisi mengacu pada saran dan analisis data butir soal yang belum mencapai 80%. Saran untuk pengembangan lebih lanjut adalah melakukan uji coba kembali terhadap komik hasil pengembangan yang telah melalui tahap revisi kedua. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan komik yang benar-benar berkualitas sebagai media pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18008

Actions (login required)

View Item View Item