Puspitasari, Tyas Ajeng (2010) Kajian pembelajaran investigasi kelompok pola tutor sebaya, kooperatif dan kolaborasi dengan mengimplementasikan modul physics by inquiry berkaitan dengan peningkatan pemahaman konsep fisika dasar I mahasiswa Jurusan Fisika / Tyas Ajeng Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Puspitasari Tyas Ajeng. 2008. Kajian Pembelajaran Investigasi Kelompok Pola Tutor Sebaya Kooperatif dan Kolaborasi dengan Mengimplementasikan Modul Physics by Inquiry Berkaitan dengan Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Dasar I Mahasiswa Jurusan Fisika. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Eddy Supramono (II) Drs. Sumarjono Kata Kunci Pola tutor sebaya Pola kooperatif Pola kolaborasi Modul Physics by Inquiry Peningkatan pemahaman konsep Fisika Dasar I Fisika Dasar I merupakan salah satu matakuliah wajib bagi mahasiswa Jurusan Fisika. Data DNA dari tahun 2003 sampai dengan 2005 menyebutkan lebih dari 25% mahasiswa tidak lulus dan setiap tahunnya cenderung meningkat. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan pembelajaran Investigasi Kelompok dengan mengimplementasikan modul Physics by Inquiry. Dalam pembelajaran Investigasi Kelompok mahasiswa dikelompokkan dengan pola tutor sebaya pola kooperatif dan pola kolaborasi. Penelitian diharapkan dapat memberikan informasi mengenai perbedaan peningkatan pemahaman konsep Fisika Dasar I diantara ketiga pola kelompok tersebut sehingga diperoleh pola yang lebih sesuai untuk dapat meningkatkan pemahaman konsep Fisika Dasar I Penelitian dilaksanakan pada bulan September sampai dengan November 2007 di Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen dengan mengambil desain control-group pre test-post test. Variabel bebas yaitu pola pembentukan kelompok yang terdiri dari tiga kate-gori yakni pola tutor sebaya kooperatif dan kolaborasi sedangkan variabel terikat adalah peningkatan pemahaman konsep Fisika Dasar I. Sampel penelitian diambil secara purposif sehingga sampel yang terpilih adalah tiga kelas matakuliah Fisika Dasar I jurusan Fisika Universitas Negeri Malang. Data peningkatan pemahaman konsep Fisika Dasar I dianalisis menggunakan analisis varians (anava) sedangkan data pengamatan interaksi kelompok dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis didapatkan nilai F sebesar 0.346. Jika dibandingkan dengan nilai F tabel dengan signifikansi 0.05 yakni sebesar 3.114 maka nilai F F(tabel) sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep Fisika Dasar I ditolak. Kesimpulan yang diperoleh tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari peningkatan pemahaman konsep Fisika Dasar I diantara mahasiswa yang dikelompokkan dengan pola tutor sebaya pola kooperatif dan pola kolaborasi. Interaksi anggota pada ketiga pola pengelompokan tersebut mampu menciptakan kebersamaan dan saling kebergantungan antar anggota sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep Fisika Dasar I yang sama. Bagi pengajar yang ingin menggunakan pembelajaran investigasi kelompok dapat memilih salah satu dari ketiga pola pengelompokan tersebut karena ketiga pola memberikan peningkatan pemahaman konsep yang tidak berbeda secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18006 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |