Pengembangan CD modul interaktif untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya pada kelas IV di SD Tulungrejo I Kecamatan Bumuaji kota Batu / Ardheiles Toto Arima - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan CD modul interaktif untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya pada kelas IV di SD Tulungrejo I Kecamatan Bumuaji kota Batu / Ardheiles Toto Arima

Arima, Ardheiles Toto (2011) Pengembangan CD modul interaktif untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya pada kelas IV di SD Tulungrejo I Kecamatan Bumuaji kota Batu / Ardheiles Toto Arima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan CD Modul Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam CD Modul interaktif merupakan pengembangan dari modul cetak. Modul ini merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penggunaan modul dalam proses pembelajaran dapat menimbulkan manfaat atau nilai tertentu dari segi penggunaanya karena dalam penggunaanya siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan mereka. Berdasarkan observasi awal dilapangan adalah di sekolah tersebut belum menggunakan modul interaktifdan hanya menggunakan media sederhana saja dalam proses pembelajaran meskipun di sana tersedia sarana belajar yang memadahi luasnya materi Sumber Daya Alam dan terbatasnya waktu yang digunakan dalam penyampaian materi membuat siswa merasa jenuh dalam proses pembelajaran jika hanya menggunakan media sederhana dalam penyampaianya. Oleh karena itu perlu adanya penyediaan sumber belajar yang berupa modul interaktif yang didesain dalam bentuk CD Interaktif. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan suatu produk berupa modul interaktif untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SD kelas IV yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang ditentukan. Subyek penelitian dalam uji coba pengembangan ini adalah siswa SD Negeri Tulungrejo 1 kota Batu kelas 4. jenis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif data kualitatif diperoleh dari vaidasi ahli media ahli materi dan siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa CD modul interaktif Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan Penggolongan Mahluk Hidup Berdasarkan Makanannya . media tersebut divalidasikan pada ahli media ahli materi dan siswa. Hasil validasi tersebut adalah 1) data ahli media pada kriteria kelayakan modul interaktifdikatakan valid/layak digunakan dengan hasil persentase 93 3% 2) data ahli materi pada kriteria kelayakan modul interaktifdikatakan valid/layak digunakan dalam pembelajaran dengan hasil persentase 95% 3) data siswa perseorangan dan kelompok kecil hasil yang diperoleh adalah 87 5% dan 86 9% sehingga pada kriteria kelayakan modul interaktifdikatakan valid/layak digunakan dalam pembelajaran 4) pada data hasil pre-test dan post-test perseorangan terjadi peningkatan hasil belajar rata-rata dengan nilai 12 dengngan peningkatan nilai terendah 10 dan tertinggi 20. Dengan demikian menurut kriteria kelayakan modul interaktifyang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kesimpulan dari pengembangan ini adalah modul interaktif yang dikembangkan termasuk valid atau layak digunakan sebagai media pembelajaran. Saran pengembangan ini adalah 1) Bagi Guru guru mata pelajaran hendaknya mulai menggunakan modul interaktif dan lebih terampil dalam menggunakan dengan cara berlatih. 2) Bagi Siswa siswa dalam menggunakan media pembelajaran ini harus mempunyai keterampilan dasar dalam pengoperasian komputer dan beberapa kemampuan dan keterampilan lainnya untuk mendukung penggunaan media ini. 3) Bagi Pengembang selanjutnya modul interaktif ini hendaknya dikembangkan lebih baik lagi tepat guna dan tepat sasaran sehingga dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan dan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. dalam Pengembangan modul interaktif untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pokok Penggolongan Mahluk Hidup Berdasarkan Makanannya perlu ada perbaikan dalam gambar tampilan serta penyempurnaan fitur dalam modul interaktif ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/180

Actions (login required)

View Item View Item