Pengembangan multimedia pembelajaran sebagai upaya meningkatkan hasil belajar biologi kelas 1 semester II di SMP Islam terpadu Miskat Al-Anwar Jombang / Lauilatul Munawaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran sebagai upaya meningkatkan hasil belajar biologi kelas 1 semester II di SMP Islam terpadu Miskat Al-Anwar Jombang / Lauilatul Munawaroh

Lauilatul Munawaroh (2009) Pengembangan multimedia pembelajaran sebagai upaya meningkatkan hasil belajar biologi kelas 1 semester II di SMP Islam terpadu Miskat Al-Anwar Jombang / Lauilatul Munawaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Multimedia merupakan salah satu bentuk media pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam proses belajar mengajar. Multimedia mampu menyajikan pesan pembelajaran yang inovatif kreatif dan menarik bagi siswa. Disamping itu dengan multimedia pembelajaran siswa dapat dengan mudah menerima pesan melalui visualisasi dan contoh yang ditampilkan dalam multimedia. Berdasarkan hasil observasi di SMP Islam Terpadu Misykat Al-Anwar Jombang dalam pembelajaran biologi selama ini masih menggunakan metode ceramah. Untuk memvariasikan metode dalam pembelajaran biologi maka pengembang membuat alternatif pemecahan masalah melalui upaya pengembangan multimedia sebagai media pembelajaran. Tujuan Pengembangan multimedia ini adalah untuk menghasilkan multimedia pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas I semester II di SMP Islam Terpadu Misykat Al-Anwar Jombang. Kegiatan pengembangan meliputi analisis kebutuhan analisis tujuan perumusan TIK dan pengembangan materi pengembangan alat evaluasi menyusun naskah produksi menyusun petunjuk pemanfaatan komentar ahli media dan ahli materi uji coba dan revisi. Subyek uji coba pengembangan multimedia mata pelajaran biologi adalah siswa kelas I semester II. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket untuk ahli media ahli materi dan siswa. Sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan rumus rata-rata (Mean). Hasil validasi multimedia menunjukkan bahwa 1) ahli media secara keseluruhan dapat disimpulkan memenuhi kriteria valid dengan prosentase nilai 75% 2) ahli materi secara keseluruhan dapat disimpulkan memenuhi kriteria sangat valid dengan prosentase nilai 91% 3) audiens. Uji coba perseorangan secara keseluruhan dapat disimpulkan memenuhi kriteria valid dengan prosentase nilai 79%. Uji coba kelompok kecil secara keseluruhan dapat disimpulkan memenuhi kriteria valid dengan prosentase nilai 81%. Uji coba kelompok lapangan secara keseluruhan dapat disimpulkan memenuhi kriteria valid dengan prosentase nilai 77%. Multimedia pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata skor siswa dari hasil tes pada masing-masing tahap yaitu pada rata-rata skor hasil pre test perseorangan 39 7 meningkat menjadi 98 pada post test rata-rata skor sudah dapat mengalami peningkatan sebesar 58 3. Pada kelompok kecil rata-rata hasil pre test 37 meningkat menjadi 87 pada post test rata-rata skor sudah dapat mengalami peningkatan sebesar 50. Kelompok lapangan rata-rata hasil pre test 51 meningkat pada post test menjadi 91 pada post test rata-rata skor sudah dapat mengalami peningkatan sebesar 40. Berdasarkan hasil pengembangan ini beberapa saran disampaikan sebagai berikut 1) rancangan pada bagian isi hendaknya materi yang dikembangkan lebih diperluas agar informasi yang diterima siswa lebih banyak. Selain itu pada bagian petunjuk pemanfaatan hendaknya menggunakan kata-kata lebih operasional agar para pemakai media tersebut mudah menggunakannya 2) pemanfaatan pada tahap pemanfaatan terdiri dari tiga tahapan yaitu sebelum selama dan sesudah pemanfaatan. Sebelum memanfaatkan multimedia hendaknya guru mempelajari dahulu petunjuk pemanfaatan yang telah disediakan. Sebelum memulai memutar CD hendaknya guru mengkondisikan siswa supaya mereka siap untuk belajar dengan menggunakan multimedia. Selama proses belajar mengajar dengan menggunakan multimedia hendaknya guru mengawasi aktivitas siswa agar tidak mengganggu proses belajar mengajar. Sesudah proses pembelajaran dengan memanfaatkan multimedia hendaknya guru bersama siswa mengevaluasi pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18

Actions (login required)

View Item View Item