Penyederhanaan bahasa guru BIPA dalam pembelajaran di kelas program kemitraan negara berkembang di Universitas Negeri Malang tahun 2019 / Ibnu Kurnia Bakti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyederhanaan bahasa guru BIPA dalam pembelajaran di kelas program kemitraan negara berkembang di Universitas Negeri Malang tahun 2019 / Ibnu Kurnia Bakti

Bakti, Ibnu Kurnia (2020) Penyederhanaan bahasa guru BIPA dalam pembelajaran di kelas program kemitraan negara berkembang di Universitas Negeri Malang tahun 2019 / Ibnu Kurnia Bakti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) berbeda dengan pembelajaran bahasa Indonesia untuk penutur asli. Selain berbeda dari pelajarnya ujaran guru dalam pembelajaran di kelas pun juga berbeda. Guru BIPA banyak melakukan penyederhanaan bahasa yang bertujuan untuk memudahkan komunikasi. Penyederhanaan merupakan cara atau usaha guru untuk menerapkan kaidah sederhana berdasarkan hipotesis pembentukannya. Fokus penelitian ini ialah mendeskripsikan penyederhanaan bahasa guru BIPA meliputi penyederhanaan ujaran kosakata dan kalimat dalam pembelajaran di kelas program Kemitraan Negara Berkembang di Universitas Negeri Malang tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Penelitian ini dilakukan sebanyak lima pertemuan dengan delapan guru yang berbeda. Data penelitian ini berupa tuturan guru BIPA dalam pembelajaran di kelas. Sumber data penelitian ini ialah kegiatan belajar mengajar BIPA program Kemitraan Negara Berkembang Universitas Negeri Malang tahun 2019. Pengumpulan data dilakukan dengan mengamati merekam dan mencatat tuturan guru BIPA selama pembelajaran di kelas. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data menyajikan data dan menarik kesimpulan. Cara yang digunakan untuk mengecek keabsahan data ialah ketekunan pengamatan yang diulang-ulang serta kecukupan referensi. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan yaitu tahap persiapan pengumpulan data analisis data dan tahap pelaporan. Berdasarkan analisis data terdapat tujuh penyederhanaan bahasa guru BIPA. Penyederhanaan tersebut ialah (1) penyederhanaan dengan melambatkan tempo (2) penyederhanaan dengan memperbanyak jeda (3) penyederhanaan dengan memperkuat tekanan (4) penyederhanaan dengan menggunakan kata sederhana (5) penyederhanaan dengan menggunakan kata populer (6) penyederhanaan dengan menggunakan kalimat sederhana dan (7) penyederhanaan dengan menggunakan kalimat aktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diajukan tiga saran. Pertama guru BIPA disarankan untuk menggunakan penyederhanaan bahasa baik ujaran kosakata atau kalimat ketika mengalami kesulitan dalam berinterkasi dengan pelajar. Guru BIPA tidak serta merta langsung menggunakan alternatif terjemahan secara langsung. Kedua bagi calon guru BIPA hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi tertulis tentang penyederhanaan bahasa guru BIPA yang dapat digunakan sebagai bekal sebelum mengajar. Ketiga bagi peneliti selanjutnya dapat menggali lebih dalam dengan variabel yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179962

Actions (login required)

View Item View Item