Pengembangan elektronik modul teks hikayat dengan aplikasi 3D Pageflip Professional bagi siswa SMK kelas X / Siti Arfiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan elektronik modul teks hikayat dengan aplikasi 3D Pageflip Professional bagi siswa SMK kelas X / Siti Arfiyah

Arfiyah, Siti (2020) Pengembangan elektronik modul teks hikayat dengan aplikasi 3D Pageflip Professional bagi siswa SMK kelas X / Siti Arfiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Arfiyah Siti. 2020. Pengembangan Elektronik Modul Teks Hikayat dengan Aplikasi 3D Pageflip Professional Bagi Siswa SMK Kelas X. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd. Kata Kunci teks hikayat elektronik modul aplikasi 3D Pageflip Professional Modul merupakan salah satu bahan ajar yang disusun secara sistematis berdasarkan kurikulum yang berlaku dan kompetensi dasar dengan tujuan untuk memudahkan siswa belajar mandiri tanpa bimbingan dari guru. Seiring perkembangan teknologi penyajian modul cetak mulai mengalami perubahan dengan bantuan elektronik yang disebut elektronik modul. Elektronik modul atau dapat menampilkan animasi audio navigasi dengan bantuan elektronik misalnya komputer ataupun laptop. Seiring dengan perkembangan teknologi kurikulum dalam pendidikan juga ikut berkembang. Saat ini pendidikan di Indonesia menerapkan Kurikulum 2013. Kurikulum ini menuntut setiap jenjang setidaknya harus mempelajari empat teks selama satu semester salah satunya adalah teks. Hikayat merupakan salah satu prosa fiksi yang memiliki alur berbingkar tokoh yang sakti latar berpusat di istana dan unsur fantasi didalamnya. Elektronik modul teks hikayat disusun dengan mempertimbangkan empat komponen yang meliputi (1) kelayakan isi (2) kebahasaan (3) sistematika dan (4) kegrafikaan. Elektronik modul disusun dengan aplikasi 3D Pageflip Professional dengan format akhir Exe yang bisa dioperasikan di laptop ataupun komputer. 3D Pageflip Professional adalah salah satu perangkat lunak yang bisa digunakan untuk membuat bahan ajar dalam bentuk 3 dimensi dengan bermacam-macam format misalnya Exe Zip Html dan 3DP. Penelitian dan pengembangan ini memiliki dua tujuan yaitu (1) menghasilkan produk berupa elektronik modul teks hikayat dengan aplikasi 3D Pageflip Professional dan (2) menghasilkan buku pedoman penggunaan elektronik modul teks hikayat dengan aplikasi 3D pageflip professional bagi guru. Hasil penelitian dan pengembangan elektronik modul hikayat dengan aplikasi 3D Pageflip Professional menghasilkan produk elektronik modul Menjelajahi Nilai Kehidupan dalam Hikayat dengan pada aspek isi kebahasaan sistematika dan kegrafikaan. Elektronik modul yang dikembangkan berisi tentang hakikat hikayat karakteristik unsur intrinsik teknik menceritakan kembali hikayat yang dibaca dan nilai yang terkandung dalam hikayat. Selain itu terdapat latihan-latihan dan refleksi pada setiap kegiatan. Penggunaan Bahasa Indonesia ragam formal komunikatif digunakan mampu mudah dipahami siswa. Sistematika yang disajikan secara urut memudahkan pemahaman siswa. Kemudian terdapat ilustrasi video dan konsep desain menarik dalam elektronik modul ini. Desain uji coba yang digunakan adalah model pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi enam langkah. Model pengembangan tersebut meliputi (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji ahli uji praktisi dan revisi (5) uji lapangan dan (6) penyempurnaan produk akhir. Uji produk dengan melibatkan ahli penyusun bahan ajar ahli sastra melayu klasik dan subjek uji lapangan yaitu siswa SMK Kelas X). Hasil uji produk dengan ahli penyusun bahan ajar dari aspek kelayakan isi diperoleh persentase 85 71% (implementasi) 75% (implementasi) untuk aspek kebahasaan 75% (implementasi) untuk aspek sistematika dan 82 14% (implementasi) untuk aspek kegrafikaan. Hasil uji produk dengan ahli sastra melayu klasik dari aspek relevansi materi diperoleh persentase 87 5% (implementasi) 100% (implementasi) untuk aspek kelengkapan materi 83 3% (implementasi) untuk aspek kedalaman materi 85% (impelemntasi) untuk aspek keakuratan materi dan 93 75% (impelementasi) untuk aspek materi pendukung pembelajaran. Hasil uji ahli praktisi dari aspek kelayakan isi diperoleh persentase 78 57% (implementasi) 75% (implementasi) untuk aspek kebahasaan 81 25% (implementasi) untuk aspek sistematika 92 85% (implementasi) untuk aspek kegrafikaan. Hasil uji lapangan dari aspek minat diperoleh persentase 85 22% (implementasi) 81 31% (implementasi) untuk aspek kelayakan isi 88 63% (implementasi) untuk aspek sistematika 87 87% (implementasi) untuk aspek kebahasaan 92 80% (implementasi) untuk aspek kegrafikaan. Produk ini juga telah direvisi sesuai dengan komentar dan saran perbaikan subjek uji ahli coba. Uji coba yang dilakukan dengan uji ahli penyusunan bahan ajar mendapatkan komentar dan saran perbaikan terhadap produk yakni untuk menyajikan latihan yang lebih menarik meletakkan glosarium pada bagian awal dan mengganti judul yang sebelumnya ldquo Menelisik Nilai Kehidupan dalam Hikayat rdquo dengan ldquo Menjelajahi Nilai Kehidupan dalam Hikayat rdquo . Komentar dan saran perbaikan dari uji ahli satra melayu klasik yanki untuk menambahkan materi arab melayu dan mengganti teks hikayat dengan teks asli hasil transkrip dari aksara arab melayu ke aksara latin. Komentar dan saran perbaikan juga diberikan oleh ahli praktisi yakni untuk memperbaiki kembali penggunaan kalimat efektif dalam elektronik modul. Berkaitan dengan pemanfaatan produk hasil pengembangan elektronik modul teks hikayat dapat dimanfaatkan secara praktis oleh guru sebagai salah satu alternatif tambahan bagi guru dalam proses pembelajaran teks hikayat. Elektronik modul teks hikayat ini dapat dimanfaatkan oleh siswa sebagai sumber belajar yang menarik untuk membantu memahami materi hikayat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179954

Actions (login required)

View Item View Item