Pembentukan sikap dan nilai ilmiah siswa melalui pembelajaran inquiry training model dalam pelajaran fisika kelas VIII SMP Negeri 4 Malang tahun ajaran 2007/2008 / Erlin Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembentukan sikap dan nilai ilmiah siswa melalui pembelajaran inquiry training model dalam pelajaran fisika kelas VIII SMP Negeri 4 Malang tahun ajaran 2007/2008 / Erlin Puspitasari

Puspitasari, Erlin (2010) Pembentukan sikap dan nilai ilmiah siswa melalui pembelajaran inquiry training model dalam pelajaran fisika kelas VIII SMP Negeri 4 Malang tahun ajaran 2007/2008 / Erlin Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitasari Erlin. 2008. Pembentukan Sikap dan Nilai Ilmiah Siswa Melalui Pembelajaran Inqury Training Model dalam Pelajaran Fisika Kelas VIII D SMP Negeri 4 Malang Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Agus Suyudi MPd (2) Dr. Lia Yuliati M.Pd Kata kunci inquiry training model sikap dan nilai ilmiah Pembelajaran sains merupakan pembelajaran yang lebih mengutamakan proses daripada hasil. Proses tersebut berisi kegiatan-kegiatan ilmiah berupa pengajuan pertanyaan perumusan hipotesis eksperimen dan diskusi hasil eksperimen. Jika kegiatan-kegiatan ilmiah tersebut dilakukan berulang-ulang maka akan terbentuk sikap dan nilai ilmiah pada siswa. Sikap dan nilai ilmiah siswa ini sangat penting untuk memperlancar pembelajaran yang nantinya dapat mencapai kompetensi yang diharapkan. Inquiry Training Model adalah salah satu model pembelajaran yang di dalamnya terdapat kegiatan-kegiatan ilmiah seperi pengajuan pertanyaan perumusan hipotesis eksperimen dan diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap dan nilai ilmiah siswa kelas VIII D SMPN 4 Malang tahun ajaran 2007/2008 melalui pembelajaran Inquiry Training Model. Pada penelitian ini dilakukan tiga kali tahapan pembelajaran. Masing-masing pembelajaran ada lima fase yaitu konfrontasi masalah pengumpulan data-verifikasi pengumpulan data-eksperimentasi mengorganisai-merumuskan masalah menganalisis proses inkuiri. Dari kegiatan-kegiatan tersebut siswa diharapkan akan terbiasa melakukan kegiatan ilmiah seperti pengajuan pertanyaan perumusan hipotesis melakukan eksperimen dan berdiskusi. Jika kegiatan-kegiatan tersebut terus menerus dilakukan maka akan membentuk sikap dan nilai ilmiah seperti keingintahuan terbuka kerja sama kecermatan kerja kritis jujur dan obyektif terhadap data. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMPN 4 Malang dengan jumlah 46 siswa yang terdiri dari 29 orang putri dan 17 orang putra. Pokok bahasan yang digunakan pada penelitian ini adalah Suhu dan Pemuaian. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi pedoman observasi sikap dan nilai ilmiah siswa dan pedoman observasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa sikap dan nilai ilmiah yang terbentuk melalui pembelajaran Inquiry Training Model yaitu keingintahuan terbuka kerja sama dan kecermatan kerja. Terbentuknya sikap dan nilai ilmiah ini dapat dilihat dari selisih persentase antara pembelajaran yang pertama dan ketiga. Keingintahuan dengan indikator memperhatikan demonstrasi dengan serius terbentuk sebesar 41% kerja sama sebesar 33% kecermatan kerja sebesar 22% sikap terbuka dengan indikator siswa mengajukan dugaan berkaitan dengan demonstrasi 7% berani menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru sebesar 2% mau menyampaikan pendapat berkaitan dengan hasil eksperimen meningkat sebesar 2%. Sikap kritis dengan indikator siswa menyajikan hasil eksperimen sebesar 2% siswa mau mempertahankan pendapatnya sebesar 2%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17995

Actions (login required)

View Item View Item