Pengembangan modul digital interaktif teks cerita fantasi untuk pembelajaran daring siswa SMP kelas vii - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul digital interaktif teks cerita fantasi untuk pembelajaran daring siswa SMP kelas vii

Pratiwi, Sukma Intan (2021) Pengembangan modul digital interaktif teks cerita fantasi untuk pembelajaran daring siswa SMP kelas vii. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sejak adanya wabah Covid-19 sebagian besar aktivitas pendidikan beralih menggunakan sistem belajar daring atau belajar dari rumah. Perubahan ini memberikan tantangan baru bagi pendidik dalam memotivasi siswa untuk tetap semangat sehingga pendidik harus mampu membuat inovasi baru dalam kegiatan pembelajaran agar tetap berjalan dengan semestinya. Pengembangan modul digital interaktif teks cerita fantasi untuk pembelajaran daring siswa SMP kelas VII ini dilakukan sebagai salah satu upaya menyediakan referensi sumber belajar agar lebih banyak pilihan. Pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa aplikasi berbasis android modul digital interaktif teks cerita fantasi yang dapat diakses melalui pranala Google Drive. Aplikasi modul digital interaktif tersebut memuat materi-materi pokok teks cerita fantasi soal latihan beserta contoh dan teks cerita fantasi yang sudah terbit serta karya peneliti. Keunggulan yang dimiliki modul digital interaktif ini adalah modul dikembangkan dengan menggunakan banyak contoh dan latihan sehingga memperkaya pengalaman belajar siswa dan dapat digunakan belajar secara mandiri di mana saja dan kapan saja. Dalam modul latihan dapat dikerjakan secara langsung dilengkapi feedback berupa skor dan kunci jawaban yang benar. Selain itu terdapat contoh untuk melakukan kegiatan atau mengerjakan latihan dan dilengkapi bimbingan menulis cerita fantasi. Pengembangan modul dilakukan dengan prinsip penelitian dan pengembangan atau research amp development dengan model 4-D (Four D) yaitu (1) Define (pendefinisian) (2) Design (perancangan) (3) Develop (pengembangan) dan (4) Disseminate (penyebaran). Dalam uji hasil pengembangkan modul digital interaktif teks cerita fantasi untuk pembelajaran daring siswa SMP kelas VII memperoleh skor dari validator ahli 95 9% skor dari uji praktisi pembelajaran 88 6% dan skor dari uji lapangan terbatas 81 83%. Berdasarkan hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa produk modul digital interaktif layak dan dapat dimplementasikan. Hal yang perlu diperbaiki dalam modul ini ialah kepraktisan penataan contoh dan latihan. Selain itu modul tidak memiliki video sebagai penunjang teks cerita fantasi sehingga untuk peneliti selanjutkan disarankan membuat modul serupa yang memiliki kepraktisan penataan dan dilengkapi video.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2021 04:29
Last Modified: 16 Aug 2023 03:36
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179948

Actions (login required)

View Item View Item