Fungsi konjungsi sebagai interelasi informasi dalam teks cerpen di surat kabar jawa pos / Dinar Herindo Harya - Repositori Universitas Negeri Malang

Fungsi konjungsi sebagai interelasi informasi dalam teks cerpen di surat kabar jawa pos / Dinar Herindo Harya

Harya, Dinar Herindo (2020) Fungsi konjungsi sebagai interelasi informasi dalam teks cerpen di surat kabar jawa pos / Dinar Herindo Harya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cerita pendek atau lebih dikenal sebagai cerpen adalah suatu karya sastra yang termasuk dalam jenis teks naratif. Ciri utama dari teks naratif adalah adanya suatu urutan peristiwa yang biasa disebut dengan alur. Kesatuan dalam teks cerpen dapat dilihat dari segi kesatuan waktu atau lebih dikenal sebagai hubungan kronologik. Selain itu kesatuan peristiwa dalam teks cerpen dapat dilihat dari hubungan yang ditimbulkan oleh tindak-tanduk pelaku dalam teks cerpen atau dapat disebut sebagai hubungan fungsional. Hubungan kronologik dan fungsional dapat ditandai dengan adanya penggunaan konjungsi. Konjungsi memiliki fungsi yang membuat alur dalam cerpen lebih dinamis dan saling berkesinambungan satu sama lain sehingga menciptakan suatu cerita yang utuh. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan fungsi konjungsi sebagai interelasi informasi dalam teks cerpen. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa konjungsi intrakalimat konjungsi antarkalimat dan konjungsi antarparagraf yang telah dikelompokkan sesuai berdasarkan jenis dan fungsinya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik studi dokumen. Peneliti menjadi satu-satunya instrumen dalam mengumpulkan informasi. Tahapan analisis data tersebut meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan pemeriksaan teman sejawat Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian. Pertama konjungsi intrakalimat yang ditemukan berupa (1) konjungsi penambahan (2) konjungsi urutan (3) konjungsi pilihan (4) konjungsi perlawanan (5) konjungsi penegasan (6) konjungsi temporal (7) konjungsi perbandingan (8) konjungsi sebab (9) konjungsi akibat (10) konjungsi syarat (11) konjungsi tak bersyarat (12) konjungsi pengandaian (13) konjungsi harapan (14) konjungsi perluasan (15) konjungsi pengantar objek (16) konjungsi cara (17) konjungsi perkecualian (18) dan konjungsi kegunaan. Kedua konjungsi antarkalimat yang ditemukan berupa (1) konjungsi penambahan (2) konjungsi urutan (3) konjungsi pilihan (4) konjungsi perlawanan (5) konjungsi temporal (6) konjungsi sebab (7) konjungsi akibat (8) konjungsi tak bersyarat (9) konjungsi pengandaian (10) konjungsi harapan (11) konjungsi perluasan dan (12) konjungsi kegunaan. Ketiga konjungsi antarparagraf yang ditemukan berupa (1) konjungsi penambahan (2) konjungsi urutan (3) konjungsi perlawanan (4) konjungsi temporal (5) konjungsi sebab dan (6) konjungsi akibat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179940

Actions (login required)

View Item View Item