Rofiq, Nur (2009) Pengembangan website sebagai media pembelajaran interaktif guru dan siswa pada mata pelajaran fisika di SMA / Nur Rofiq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mempelajari fisika berarti menyesuaikan diri dengan perubahan dalam memasuki dunia teknologi untuk memecahkan masalah kehidupan. Disisi lain siswa berpendapat pelajaran fisika sulit karena melibatkan teknik matematika eksperimen dan hal abstrak. Maka dibutuhkan terobosan baru dalam proses pembelajaran fisika sehingga dapat melakukan proses pembelajaran secara lebih mandiri fleksibel berpusat kepada siswa (students centered) kolaboratif ter- kelola dengan efektif dan efisien serta mendukung paradigma pembelajaran sepanjang hayat (life-long education). Media pembelajaran fisika yang selaras dengan perkembangan teknologi terutama ICT (Information and Communication Technology) yang melalui internet adalah e-learning. Bentuk pembalajaran melalui e-learning yang dikembangkan adalah website fisika untuk SMA dengan menggunakan PHP MySQL dan Apache sebagai program utamanya. Website ini merupakan tempat guru dan siswa berinteraksi mengenai mata pelajaran fisika di luar kelas. Website yang dikembangkan dapat menjelaskan materi fisika yang abstrak melalui animasi praktikum dapat digunakan siswa untuk belajar tanpa hadirnya guru atau instruktur dapat diakses siswa kapan saja dengan biaya relatif terjangkau dan bahkan dapat mendukung program jaringan berbasis teknologi informasi yang digalakkan pemerintah. Pengembangan website dilakukan melalui pengumpulan data uji coba terbatas dengan kuesioner/ angket yang kemudian dianalisa dengan teknik presentase. Responden adalah ahli media yaitu dosen yang berkompeten dalam media pembelajaran fisika dan ahli materi yaitu para guru yang mengajar fisika di SMA yang sesuai dengan bidangnya. Uji coba terbatas kepada responden menyatakan hasil sebagai berikut. Hasil analisis website menyatakan bahwa tampilan adanya interaksi guru siswa kemudahan link dan kemudahan penggunaan dinyatakan baik. Hasil analisis manajemen materi menyatakan kemudahan navigasi guru dan siswa model soal kemudahan menambah atau mengurangi soal maupun materi rata-rata baik. Hasil analisis pengelolaan nilai menyatakan website ini memudahkan guru dan siswa melihat nilai sesuai untuk media pembelajaran interaktif dan secara umum dinyatakan menarik dan layak digunakan. Berdasarkan hasil uji coba terbatas tersebut diambil kesimpulan bahwa website pembelajaran interaktif pada mata pelajaran fisika ini telah sesuai untuk dijadikan media pembelajaran interaktif bagi siswa SMA kelas X XI dan XII dengan revisi. Produk website ini dapat dilanjutkan pada tahap uji coba lebih luas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17994 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |