Pengaruh strategi pembelajaran literasi informasi terhadap kelancaran dan kualitas gagasan siswa dalam tulisan ilmiah / Rosida Eka Oktaviani Pakartining Madu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran literasi informasi terhadap kelancaran dan kualitas gagasan siswa dalam tulisan ilmiah / Rosida Eka Oktaviani Pakartining Madu

Madu, Rosida Eka Oktaviani Pakartining (2020) Pengaruh strategi pembelajaran literasi informasi terhadap kelancaran dan kualitas gagasan siswa dalam tulisan ilmiah / Rosida Eka Oktaviani Pakartining Madu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewasa ini kemampuan literasi informasi siswa menjadi salah satu hal yang diperhatikan dalam dunia pendidikan. Literasi informasi mampu membantu siswa berpikir kritis dan logis serta tidak mudah percaya terhadap informasi yang didapat. Diperlukan kemampuan memilah dan mengevaluasi informasi sebelum mengomunikasikannya lebih lanjut. Literasi informasi siswa dapat dikemas dalam sebuah strategi pembelajaran dan diterapkan dalam penulisan karya ilmiah sehingga siswa dapat menciptakan gagasan ilmiah yang logis baru dan kredibel secara lebih produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran literasi informasi terhadap kelancaran pemunculan gagasan dan kualitas gagasan siswa dalam karya ilmiah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen yang digunakan yaitu jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi experiment yang menggunakan desain penelitian control group pretest-postest design. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan SPSS 25.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Pada aspek kelancaran pemunculan gagasan kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 16 77 sedangkan kelas kontrol 13 77 dengan nilai maksimum 25. Pada aspek kualitas gagasan kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 19 53 dan kelas kontrol 16 23 dengan skala skor maksimum 25. Pengolahan data hasil penelitian diketahui melalui uji prasyarat. Uji normalitas menghasilkan nilai Kolmogrov-Smirnov dan Shapiro-Wilk. Hasil uji normalitas nilai kelancaran pemunculan gagasan siswa pada kelas eksperimen sebesar 0 065 dan kelas kontrol 0 200. Kedua data dinyatakan normal karena nilai signifikansi lebih dari rtabel yaitu 0 05. Nilai signifikan pada hasil uji independent sample t-test kemampuan menciptakan gagasan baru yang logis baru dan kredibel kurang dari 0 05. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa ada perubahan hasil penilaian yang signifikan di kelas eksperimen dan tidak ada perubahan hasil yang signifikan di kelas kontrol. Hal ini disebabkan karena strategi pembelajaran literasi informasi hanya diterapkan di kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian Penerapan strategi pembelajaran literasi informasi terbukti dapat meningkatkan kelancaran siswa dalam memunculkan gagasan baru serta memperbaiki kualitas gagasan ilmiah siswa. Oleh karena itu guru disarankan untuk mengembangkan strategi pembelajaran literasi informasi ini selain untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas tetapi juga untuk melatih kemampuan literasi informasi siswa jangka panjang. Kemampuan literasi informasi menjadi salah satu bekal utama siswa di pendidikan tinggi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179939

Actions (login required)

View Item View Item