Vidyasari, Elvinna (2020) Pengembangan e-modul interaktif bermuatan pendidikan karakter untuk pembelajaran teks fabel siswa kelas VII SMPN 16 Malang / Elvinna Vidyasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Vidyasari Elvinna. 2020. Pengembangan E-modul Interaktif Bermuatan Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran Teks Fabel Siswa Kelas VII SMPN 16 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Didin Widyartono M.Pd. Kata kunci bahan ajar e-modul interaktif pendidikan karakter teks fabel. Pembelajaran teks fabel memerlukan bahan ajar. Bahan ajar ini diperlukan sebagai sarana membantu proses pembelajaran siswa. Bahan ajar yang diajarkan bermuatan pendidikan karakter dengan tujuan penanaman karakter pada siswa agar menjadi pribadi yang berkarakter baik. Dengan membentuk kepribadian yang baik siswa mampu menanamkan nilai moral pada kehidupan sehari-hari. Dalam teks fabel terdapat nilai moral yang dapat diambil sebagai pendidikan karakter untuk siswa. Bahan ajar sebagai komponen pembelajaran perlu menyesuaikan kondisi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat memengaruhi karakter peserta didik menjadi kaum digital. Oleh karena itu dibutuhkan bahan ajar yang mampu mengikuti perkembangan teknologi untuk mengikuti perubahan karakter peserta didik. E-modul interaktif merupakan salah satu bahan ajar tambahan yang tepat digunakan pada era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Pembelajaran menggunakan e-modul interaktif tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Pembelajaran menggunakan e-modul interaktif dapat membantu siswa untuk belajar mandiri.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul interaktif bermuatan pendidikan karakter pada pembelajaran teks fabel kelas VII SMP. Produk ini berbasis android atau mobile learning. E-modul ini berisi KD tentang menelaah struktur dan kebahasaan fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar dan KD memerankan isi fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar. E-modul interaktif ini berisi materi tentang (1) struktur teks fabel (2) kebahasaan teks fabel (3) unsur-unsur teks fabel (4) merancang pemeranan teks fabel dan (5) memerankan isi teks fabel. Tahap penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang diadaptasi menjadi tujuh tahap yang terdiri atas (1) pengumpulan informasi awal (2) perencanaan (3) pengembangan format produk awal (4) pelaksaan uji coba produk (5) perbaikan produk (6) pelaksanaan uji coba lapangan terbatas dan (7) penyempurnaan produk akhir. Tahap pengumpulan informasi dilakukan dengan metode wawancara guru untuk mengumpulkan informasi sebagai dasar pengembangan. Tahap perencanaan dilakukan dengan perumusan konsep produk yang akan dikembangkan perumusan kompetensi dasar dan materi yang akan digunakan pembuatan rancangan produk mulai dari pendahuluan isi dan penutup. Tahap pengembangan produk dilakukan dengan penyusunan materi secara utuh dan kerangka secara keseluruhan hingga menjadi produk. Tahap pelaksanaan uji coba produk terdiri atas uji coba produk oleh praktisi dan ahli. Tahap perbaikan produk dilakukan berdasarkan hasil uji produk oleh praktisi dan ahli. Tahap pelaksanaan uji coba lapangan terbatas dilakukan dengan uji coba berskala kecil 5-10 siswa. Tahap penyempurnaan produk akhir dilakukan dengan perbaikan kekurangan dan hambatan yang terjadi saat uji coba lapangan terbatas. Hasil akhir pengembangan produk berupa modul elektronik interaktif bermuatan pendidikan karakter yang dikemas dalam bentuk aplikasi. Dalam e-modul ini terdapat deskripsi isi materi dan deskripsi aplikasi.Materi dalam e-modul ini terintegrasi muatan karakter yang terdiri atas (1) nilai religius (2) nilai menghargai prestasi (3) nilai peduli sosial (4) nilai bersahabat/komunikatif dan (5) nilai kejujujuran.Aktivitas pembelajaran teks fabel bermuatan pendidikan karakter pada e-modul yang dikembangkan terdapat pada perintah yang ada pada tampilan dan materi yang dipaparkan dalam e-modul. E-modul ini berbentuk aplikasi yang memiliki beberapa komponen di dalamnya. Komponen-komponen tersebut yaitu (1) layar pembuka (2) layar doa (3) layar masuk aplikasi (4) Layar menu utama (5) layar submenu utama (6) profil pengguna (7) akun guru dan (8) sidebar (button kiri atas). Pada sidebar terdapat beberapa komponen di dalamnya yaitu (1) beranda (home) (2) KD dan tujuan (3) latihan soal (3) tugas (4) petunjuk penggunaan (5) tentang produk (6) keluar (logout).E-modul ini dikembangkan sesuai dengan lima karakteristik yang harus dimiliki modul antara lain (1) self intruction (2) self contained (3) stand alone (4) adaptif dan (5) user friendly. E-modul interaktif yang dikembangkan memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan yang dimiliki antara lain (1) berbentuk mobile learning yang fleksibel (2) dapat digunakan siswa sebagai pembelajaran mandiri (3) dapat diinstal dengan mudah pada perangkat smartphone (4) memudahkan siswa dalam pengumpulan tugas yang dapat diunggahlangsung melalui aplikasi (5) video dan teks yang tersedia dapat diunduh tanpa menggunakan koneksi internet. Kekurangan yang dimiliki antara lain (1) materi terbatas pada materi teks fabel (2) penggunaannya memerlukan koneksi internet (3) hanya berbasis andorid dan tidak dapat digunakan pada perangkat IOS dan PC (4) penggunaannya memerlukan penginstalan terlebih dahulu. Saran pemanfaatan e-modul yang dikembangkan ini ditujukan pada pihak sekolah guru serta siswa yaitu dengan memanfaatkan e-modul ini sebagai bahan ajar tambahan dalam pembelajaran di sekolah. Bagi peneliti lain dapat digunakan sebagai acuan mengembangkan produk e-modul serupa dengan pembembangan lebih lanjut. Produk dapat dikembangkan tidak hanya dapat diakses melalui perangkat android tetapi juga pada perangkat lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Sep 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/179938 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |