Aspek persuasif dalam wacana iklan jual beli tanaman hias di media sosial facebook / Aji Arif - Repositori Universitas Negeri Malang

Aspek persuasif dalam wacana iklan jual beli tanaman hias di media sosial facebook / Aji Arif

Arif, Aji Arif (2021) Aspek persuasif dalam wacana iklan jual beli tanaman hias di media sosial facebook / Aji Arif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan tersebut dipilih karena fokus penelitian yaitu (1) mendeskripsikan dan menjelaskan teknik persuasif yang digunakan dalam iklan produk tanaman hias dalam grup Facebook (2) mendeskripsikan dan menjelaskan sifat persuasif iklan yang digunakan pada produk tanaman hias dalam grup Facebook dan (3) mendeskripsikan dan menjelaskan penyampaian persuasif iklan yang digunakan pada produk tanaman hias dalam grup Facebook. Orientasi teoritis penelitian ini menggunakan kajian analisis wacana yang mengaitkan aspek persuasif yang digunakan dalam iklan jual beli produk tanaman hias pada media sosial Facebook. Data dalam penelitian ini berkaitan dengan fokus penelitian data berupa kutipan kalimat iklan yang menunjukkan aspek persuasif yakni teknik persuasif sifat persuasif dan penyampaian persuasif. Data dalam penelitian ini adalah teks iklan yang terdapat dalam postingan jual beli produk tanaman hias di grup Facebook. Sumber data penelitian ini adalah kumpulan teks iklan tanaman hias yang terdapat pada media sosial Facebook yang diakses pada 6 juni 2021 sampai agustus 2021. Kumpulan teks iklan tersebut diakses melalui media sosial Facebook. Prosedur pengumpulan data penelitian ini adalah mengkaji kumpulan teks iklan yang mengandung aspek persuasif yang menggunakan teknik analisis isi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian menghasilkan temuan tentang teknik persuasif sifat persuasif dan penyampaian persuasif dalam wacana iklan jual beli tanaman hias di media sosial Facebook. Ketiga temuan tersebut dipaparkan berikut ini. Pertama teknik persuasif yang digunakan dalam iklan terdapat tujuh teknik. (1) Teknik persuasif sugesti diungkapkan dengan kalimat yang menyatakan keunggulan produk dari segi harga detail produk kelebihan produk dan sistem COD untuk meyakinkan pembaca yakin tanpa berpikir panjang dalam menentukan keputusan pembelian. (2) Teknik rasionalisasi diterapkan dengan menyatakan perbandingan harga terhadap barang atau manfaat yang didapatkan. (3) Teknik persuasif identifikasi diterapkan dengan memaparkan ciri khas harga yang lebih unggul dari iklan lainya. (4) Teknik persuasif kompensasi diterapkan dengan memaparkan kalimat yang menawarkan pilihan produk sebagai ganti produk yang tidak dapat dijangkau oleh konsumen. (5) Teknik persuasif konformitas diterapkan dengan memaparkan kalimat yang menawarkan produk dan keinginan yang diharapkan oleh konsumen. (6) Teknik persuasif penggantian diterapkan dengan memaparkan kalimat yang menawarkan produk dan keinginan yang diharapkan oleh konsumen. (7) Teknik persuasif proyeksi diterapkan dengan memaparkan kalimat yang menunjukan dirinya tidak biasa atau berbeda dengan pengunggah iklan lainya. Kedua sifat-sifat persuasif yang diterapkan dalam teks iklan jual beli tanaman hias ialah ada empat sifat persuasif. (1) Sifat persuasif berupa ajakan disampaikan dengan menggunakan ajakan secara langsung dan secara tersirat. Penyampaian persuasif secara langsung disampaikan dengan kalimat-kalimat yang menggunakan kata ajakan. Kalimat persuasif secara tersirat disampaikan dengan menggunakan pesan yang dapat mengajak secara psikologis yaitu dengan kalimat yang membangun persepsi secara subjektif dan objektivitas pembaca terhadap produk dengan melalui pesan-pesan yang menunjukan harga barang dan kualitas barang. (2) Sifat persuasif berupa anjuran ditandai dengan kalimat yang mengarahkan pembaca yang bersifat menganjurkan pembaca melakukan tindakan saat membaca iklan untuk melakukan tawaran. (3) Sifat persuasif berupa penegasan ditandai dengan kalimat yang menegaskan sifat dan harga produk. (4) Sifat persuasif berupa perintah ditandai dengan kalimat yang memerintah pembaca untuk membeli. Ketiga penyampaian persuasif pada iklan di Facebook disampaikan secara implisit dan eksplisit. Pesan implisit yang disampaikan pada Iklan di Facebook disampaikan dengan cara tidak langsung. Pesan tersebut disampaikan dengan menampilkan iklan melalui kalimat yang mengunggulkan produk dari segi sifat yang dimiliki produk kemudahan pembelian dengan COD dan harga yang dinyatakan murah meriah serta bonus dengan makna bahwa pengunggah iklan mengajak pembaca untuk membeli produk. Pesan eksplisit yang disampaikan pada Iklan di Grup Facebook Tanaman Hias Blitar Raya disampaikan dengan cara langsung. Pesan tersebut disampaikan dengan menampilkan iklan melalui kalimat yang menampilkan ajakan secara langsung. Adapun ajakan tersebut adalah ajakan berupa menanyakan informasi mengenai produk menawar produk dan membeli produk melalui Wa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179932

Actions (login required)

View Item View Item