Penerapan pendekatan problem posing untuk meningkat prestasi belajar fisika dan kemampuan berpikir (Thinking Skill) siswa SMAN 7 Malang kelas XI pokok bahasan fluida statis / Erna Risfaula Kusumawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan problem posing untuk meningkat prestasi belajar fisika dan kemampuan berpikir (Thinking Skill) siswa SMAN 7 Malang kelas XI pokok bahasan fluida statis / Erna Risfaula Kusumawati

Kusumawati, Erna Risfaula (2009) Penerapan pendekatan problem posing untuk meningkat prestasi belajar fisika dan kemampuan berpikir (Thinking Skill) siswa SMAN 7 Malang kelas XI pokok bahasan fluida statis / Erna Risfaula Kusumawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Belajar fisika merupakan perbuatan yang kompleks karena melibatkan banyak komponen dan faktor yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah pemilihan penggunaan metode dan pendekatan pembelajaran yang tepat. Berdasarkan hasil pengamatan di SMAN 7 Malang khususnya kelas XI IPA diketahui bahwa prestasi belajar fisika dan kemampuan berpikir siswa masih rendah. Hal ini mungkin disebabkan karena penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Upaya mengatasi permasalahan tersebut maka diterapkan pembelajaran berbasis kontruktivisme dengan pendekatan problem posing. Pendekatan pembelajaran problem posing mampu melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan proses pembelajaran dan juga melatih siswa berpikir rasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar dan kemampuan berpikir siswa SMAN 7 Malang yang diajar dengan pendekatan problem posing lebih tinggi daripada prestasi belajar siswa tanpa pendekatan problem posing. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan rancangan penelitian randomized postest control group design sebab dalam penelitian ini peneliti ingin menyelidiki perbedaan prestasi belajar dan kemampuan berpikir kelas yang diajar menggunakan pendekatan problem posing dengan kelas yang diajar menggunakan metode konvensional. Untuk mengetahui perbedaan digunakan uji-t. Berdasarkan deskripsi dan analisis data yang telah dilakukan kelas sampel yang diajar dengan pendekatan problem posing memiliki rata-rata prestasi belajar 87 4 dan persentase kemampuan berpikir 75 % sedangkan kelas sampel yang diajar dengan metode konvensional memiliki rata-rata prestasi belajar 76 3 dan persentase kemampuan berpikir 60 %. Selanjutnya berdasarkan uji hipotesis antara siswa sampel yang diajar menggunakan pendekatan problem posing dengan siswa sampel yang diajar menggunakan metode konvensional melalui uji-t dihasilkan bahwa untuk prestasi belajar (thitung 6 09) (ttabel 1 66) dan untuk kemampuan berpikir (thitung 4 58) (ttabel 1 66). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran fisika dengan pendekatan problem posing dapat meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan berpikir siswa. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dimana prestasi belajar fisika dan kemampuan berpikir siswa yang diajar dengan pendekatan problem posing lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu guru khususnya guru fisika di SMAN 7 Malang dan pada umumnya dapat menerapkan pembelajaran dengan pendekatan problem posing tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17990

Actions (login required)

View Item View Item