Penyusunan dan implementasi modul pembelajaran fisika dengan model siklus belajar (Learning Cycle) tiga face pada materi tata surya untuk siswa kelas VII SMP / Irma Zuhrotun Alviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyusunan dan implementasi modul pembelajaran fisika dengan model siklus belajar (Learning Cycle) tiga face pada materi tata surya untuk siswa kelas VII SMP / Irma Zuhrotun Alviani

Alviani, Irma Zuhrotun (2009) Penyusunan dan implementasi modul pembelajaran fisika dengan model siklus belajar (Learning Cycle) tiga face pada materi tata surya untuk siswa kelas VII SMP / Irma Zuhrotun Alviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah masyarakat dan beberapa komponen pendidikan seperti guru dan kepala sekolah untuk memperbaiki sistem pendidikan. Salah satunya dengan penyempurnaan kurikulum. Penyempurnaan kurikulum 2004 (KBK) menjadi KTSP terjadi karena adanya permen No. 22 Tahun 2006 yang menuntut agar opembelajaran yang tadinya bersifat behaviouristik dirubah menjadi konstruktivistik pembelajaran yang awalnya terpusat pada guru (teacher centered) menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered) dan pembelajaran yang bersifat konvensional berubah menjadi kontekstual. Pembelajaran yang sesuai dengan permen No.22 Tahun 2006 adalah pembelajaran yang melibatkan siswa lebih aktif dan tidak pasif. Hal ini dapat dilakukan dengan melaksanakan pembelajaran menggunakan modul pembelajaran dengan model siklus belajar sebagai media pembelajaran. Selain itu juga karena tidak tersedianya buku pegangan siswa untuk mata pelajaran f sika pada materi tata surya. Berdasarkan permasalahan tersebut maka disusun modul pembelajaran f sika dengan model siklus belajar tiga fase (learning cycle) pada materi tata surya untuk siswa kelas VII SMP. Modul pembelajaran f sika merupakan suatu paket pembelajaran tertulis yang dapat dipelajari siswa terdiri atas satu atau beberapa konsep dari mata pelajaran fisika serangkaian kegiatan belajar yang disusun secara sistematis sehingga layanan dan bimbingan guru dapat diatur sesedikit mungkin sedangkan siklus belajar tiga fase merupakan tahapan pembelajaran fisika yang disesuaikan dengan alur berpikir siswa SMP yang terdiri dari fase eksplorasi pengenalan konsep dan aplikasi konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah modul yang disususn sudah layak dan dapat diterapkan di sekolah untuk mengetahui keaktifan dan kemandirian siswa serta perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan modul dengan siswa yang mendapat pembelajaran tidak menggunakan modul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dilakukan di SMPN II Ponggok pada bulan Mei sampai Juni 2007. Rancangan penelitian yang digunakan adalah model pre-test and post-test group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN II Ponggok tahun ajaran 2007/2008 yang terdiri dari 5 kelas. Sampel dari penelitian ini adalah sebagian siswa kelas VII yang terdiri dari 2 kelas yang diambil secara acak. Sampel penelitian ini adalah kelas VII E sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Uji analisis prestasi belajar yang digunakan adalah uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas uji kesamaan dua rata-rata dan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t pihak kanan. Hasil analisis diperoleh thit ttab yaitu 6 75 1 67 sehingga Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan modul pembelajaran dengan model siklus belajar tiga fase lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran tidak menggunakan modul pembelajaran dengan model siklus belajar tiga fase. Uji kelayakan modul menggunakan skala Likert yang kemudian dihitung menggunakan statistik sederhana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17988

Actions (login required)

View Item View Item