Dewi, Kartika (2009) Upaya peningkatan aspek afektif dan psikomotorik dalam pembelajaran fisika melalui model siklus belajar berbasis konstruktivisme siswa kelas XA SMAN 8 Malang / Kartika Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru pengajar fisika SMAN 8 Malang sebelum dilakukannya penelitian ini diperoleh beberapa informasi.1) proses pembelajaran fisika sudah menggunakan KTSP namun belum sepenuhnya dapat dilaksanakan misal dalam hal penilaian belum melakukan penilaian afektif dan psikomotorik 2) Siswa kurang aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran fisika 3) Untuk siswa kelas XA belum saling kenal karena masih merupakan siswa baru. Berdasarkan hal tersebut peneliti menawarkan beberapa alternatif untuk mengatasi masalah tersebut dengan bekerja sama dengan guru fisika. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan penerapan pembelajaran fisika melalui model siklus belajar berbasis kontruktivisme pada kompetensi dasar besaran dan satuan. siswa kelas XA Semester I SMAN 8 Malang 2) Untuk meningkatkan aspek afektif dan psikomotorik dalam pembelajaran fisika kelas XA semester I SMAN 8 Malang dengan menggunakan model siklus belajar berbasis kontruktivisme ditinjau dari 2 aspek yaitu Afektif Psikomotorik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Proses pembelajaran yang menggunakan model siklus belajar 3(tiga) tahap yaitu eksplorasi pengenalan konsep dan penerapan konsep. Subyek penelitian adalah siswa kelas XA di SMAN 8 Malang yang berjumlah 38. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yaitu soal tes akhir lembar observasi untuk mengamati penilaian aspek afektif dan psikomotoriknya kegiatan aktivitas guru pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XA SMA 8 Malang mengalami peningkatan aspek afektif dan psikomotorik dengan menggunakan model siklus belajar. Peningkatan aspek afektif ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata presentase penguasaan aspek afektif siswa dari 53 5% pada siklus I dan 82 5% pada sikjlus II. Peningkatan aspek psikomotorik ditandai dengan meningkatnya rata-rata presentase penguasaan aspek psikomotorik siswa dari 46 3% pada siklus I dan 88 3% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika melalui model siklus belajar berbasis konstruktivisme dapat meningkatkan aspek afektif dan psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Mar 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17987 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |