Kusumawati, Hertin (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII C MTs Negeri 1 Malang / Hertin Kusumawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran fisika yang tepat dapat berdampak positif terhadap hasil belajar fisika siswa. Selama ini pembelajaran yang berlangsung di MTs Negeri 1 Malang masih bersifat konvensional. Ternyata keadaan tersebut kurang mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut dicobakan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII C MTs Negeri 1 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII C MTs Negeri 1 Malang yang berjumlah 26 orang siswa. Data penelitian berupa motivasi belajar siswa yang diperoleh melalui observasi selama penelitian dan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes pada akhir siklus. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII C MTs Negeri 1 Malang. Hal ini terlihat dari peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 21 32% dan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 5 07%. Sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal mengalami persentase peningkatan sebesar 34 62%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17986 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |