Peningkatan prestasi belajar kapita selekta fisika sekolah dengan menggunakan peta konsep dan pemecahan masalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang semester gasal tahun akademik 2007/2008 / Sailendra Srihadi S. - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan prestasi belajar kapita selekta fisika sekolah dengan menggunakan peta konsep dan pemecahan masalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang semester gasal tahun akademik 2007/2008 / Sailendra Srihadi S.

Srihadi S., Sailendra (2009) Peningkatan prestasi belajar kapita selekta fisika sekolah dengan menggunakan peta konsep dan pemecahan masalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang semester gasal tahun akademik 2007/2008 / Sailendra Srihadi S. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matakuliah Kapita Selekta Fisika Sekolah (KSFS) merupakan salah satu matakuliah wajib untuk mahasiswa program studi Pendidikan Fisika. Berdasarkan sumber Arsip Dosen Matakuliah KSFS prestasi belajar mahasiswa regular semester gasal 2004/2005 dan mahasiswa nonregular semester gasal 2005/ 2006 rata-rata 43 dan 30. Berdasarkan data tersebut tampak bahwa prestasi belajar mahasiswa sangat rendah. Diduga hal ini disebabkan karena pendekatan dan model pembelajaran yang diterapkan kurang sesuai dengan karakter matakuliah KSFS. Salah satu cara untuk mengatasi rendahnya prestasi belajar tersebut adalah dengan mengganti pendekatan dan model pembelajaran yang telah ada. Pembelajaran menggunakan peta konsep berguna untuk menemukan miskonsepsi mahasiswa. Semua miskonsepsi yang ditemukan melalui peta konsep mahasiswa selanjutnya akan diperbaiki melalui pembelajaran pemecahan masalah dimana semua miskonsepsi dipecahkan sehingga ditemukan konsep yang benar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang menggunakan rancangan randomized control group pre-test post-test design yaitu memberikan perlakuan pembelajaran peta konsep dan pemecahan masalah kepada kelompok eksperimen dan pembelajaran metode konvensional kepada kelompok kontrol. Materi yang diajarkan dalam penelitian ini mencakup mekanika gelombang dan optik. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa peserta matakuliah KSFS semester gasal 2007/ 2008 sebanyak 52 mahasiswa yang terdiri atas dua kelas yaitu kelas B offering D (24 mahasiswa) sebagai kelompok eksperimen dan kelas A offering C (28 mahasiswa) sebagai kelompok kontrol. Pemilihan kelompok eksperimen dan kontrol dilakukan secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen lembar pengamatan proses pembelajaran dan instrumen tes yang terdiri atas 20 butir soal obyektif pilihan ganda dengan lima jawaban yaitu A B C D dan E Hasil dari penelitian ini terdiri atas (1) Pembelajaran menggunakan peta konsep dan pemecahan masalah dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa hal ini terlihat dari hasil uji-t mean gain skor dan hasil mean gain skor prestasi kelompok eksperimen sebesar 25 62 yang lebih besar daripada kelompok kontrol yaitu sebesar 9 64. (2) Deskripsi proses pembelajaran menggunakan peta konsep dan pemecahan masalah dalam matakuliah KSFS meliputi pretes memaparkan tujuan matakuliah KSFS kuliah singkat tentang pembelajaran menggunakan peta konsep dan pemecahan masalah dan pembentukan kelompok peta konsep pembelajaran menggunakan peta konsep untuk menemukan dan memperbaiki miskonsepsi dasar fisika sekolah pembelajaran pemecahan masalah untuk menyempurnakan perbaikan miskonsepsi tersebut dan terakhir postes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17985

Actions (login required)

View Item View Item