Pengembangan instrumen penilaian midle II pebelajaran model siklus belajar 4E (Learning Cycle) pada perkuliahan Fisika Dasar I tahun akademik 2007/2008 / Masdukiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian midle II pebelajaran model siklus belajar 4E (Learning Cycle) pada perkuliahan Fisika Dasar I tahun akademik 2007/2008 / Masdukiyanto

Masdukiyanto (2009) Pengembangan instrumen penilaian midle II pebelajaran model siklus belajar 4E (Learning Cycle) pada perkuliahan Fisika Dasar I tahun akademik 2007/2008 / Masdukiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran sekarang sudah menerapkan penilaian proses dan hasil belajar. Mahasiswa tidak hanya dinilai dari aspek kognitif yaitu dari hasil belajar tetapi juga dinilai aspek afektif dan psikomotornya. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam telah mengembangkan penilaian secara lengkap. Dosen tidak hanya menilai dari segi kemampuan kognitif mahasiswa saja akan tetapi juga melihat aspek afektif dan psikomotornya. Berdasarkan visitasi Muslim (17-18 April 2006) dinyatakan kekurangan dalam pelaksanaan penilaian ini kekurangannya adalah Jurusan Fisika belum bisa menunjukkan bukti fisik berupa instrumen penilaian yang baku pakai. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu diadakan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran konstruktivis model siklus belajar 4E. Penelitian ini diarahkan untuk mengembangkan instrumen penilaian pembelajaran yang baku pakai mengenai aktivitas belajar dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research) yaitu mengembangkan instrument tes kognitif dan penilaian aspek afektif dan psikomotor. Subjek pengembangan dalam penelitian ini adalah dosen matakuliah Fisika Dasar I sebagai validator soal tes dan mahasiswa Pendidikan Fisika Angkatan 2007 kelas GG offering MM sejumlah 43 mahasiswa peserta perkuliahan Fisika Dasar I tahun akademik 2006/2007 yang terdiri dari 36 mahasiswa baru dan 6 mahasiswa repeater. Dalam penelitian ini data diperoleh dari (1) mengkaji hasil validasi dari dosen ahli (2) hasil pekerjaan mahasiswa dalam menyelesaikan soal tes kemampuan kognitif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi untuk dosen ahli dan soal tes kemampuan kognitif. Berdasarkan hasil pengembangan tes kemampuan kognitif menghasilkan delapan belas soal valid dengan sebaran mekanika fluida 4 soal dinamika rotasi 3 soal osilasi 4 soal medan gravitasi 4 soal suhu dan kalor 3 soal dengan nilai validitas antara 0 408-0 706 dan daya beda cukup yaitu 0 2857-0 5238 dan lembar penilaian afektif dan psikomotorik untuk mengetahui keaktifan mahasiswa dalam mengikuti proses perkuliahan dengan menggunakan model siklus belajar. Pada lembar penilaian afektif terdiri dari dua indikator yaitu keberanian bertanya atau menjawab pertanyaan menanggapi pendapat dan keaktifan dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen. Penilaian psikomotor terdiri dari 2 indikator yaitu merangkai alat dan pengambilan data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17984

Actions (login required)

View Item View Item