Kajian tentang model pembelajaran kelompok dengan implementasi modul physic by inquiry terhadap peningkatan prestasi belajar fisika dasar I mahasiswa program studi pendidikan fisika tahun angkatan 2007/2008 FMIPA UM / Irma Nurfaidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian tentang model pembelajaran kelompok dengan implementasi modul physic by inquiry terhadap peningkatan prestasi belajar fisika dasar I mahasiswa program studi pendidikan fisika tahun angkatan 2007/2008 FMIPA UM / Irma Nurfaidah

Nurfaidah, Irma (2009) Kajian tentang model pembelajaran kelompok dengan implementasi modul physic by inquiry terhadap peningkatan prestasi belajar fisika dasar I mahasiswa program studi pendidikan fisika tahun angkatan 2007/2008 FMIPA UM / Irma Nurfaidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matakuliah Fisika Dasar I merupakan salah satu matakuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa fisika tahun pertama sebagai prasyarat untuk mengambil matakuliah lebih lanjut. Pembelajaran matakuliah Fisika Dasar I yang diterapkan di jurusan fisika FMIPA UM pada umumnya adalah metode ceramah tanya jawab dan latihan soal. Hal ini menyebabkan mahasiswa kurang aktif. Hakikat pembelajaran fisika sebenarnya adalah pembelajaran yang membuat mahasiswa aktif dan senang mengikuti pembelajaran sehingga dapat mengoptimalkan potensi yang ada dalam diri mahasiswa dan juga dapat meningkatkan prestasi belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu pembelajaran kelompok dengan mengimplementasikan modul Physic by Inquiry. Pembelajaran kelompok yang dimaksud adalah pembelajaran kelompok pola kooperatif karena dalam pembelajaran kelompok pola ini anggota-anggotanya terdiri dari kemampuan sedang tinggi dan rendah sehingga memungkinkan individu dalam kelompok saling berinteraksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan prestasi belajar mahasiswa fisika dasar I yang diajar dengan modul Physic by Inquiry dengan model pembelajaran pola kooperatif dan pola acak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan control-group pretest-postest-design. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa jurusan fisika semester 1 tahun angkatan 2007/2008 yang terdiri dari 6 kelas kemudian diambil sampel penelitian berdasarkan purposive sampling. Kelas yang dipilih yaitu kelas AA sebagai kelompok eksperimen dan kelas B sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini antara lain berupa tes obyektif pilihan ganda Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yang diadopsi dari modul Physic by Inquiry dan instrumen pengamatan. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji-t melalui uji prasyarat analisis terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil uji homogenitas ternyata gain skor prestasi belajar tidak homogen sehingga uji hipotesis dilakukan dengan metode nonparametrik yaitu uji Mann-Whitney U test diperoleh tingkat signifikansi untuk dua sisi sebesar 0 001 atau probabilitas dibawah 0 05 (0 001 0 05 -0 001). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan prestasi belajar Fisika Dasar I antara mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran kelompok pola kooperatif dengan mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran kelompok pola acak. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kelompok dengan pola kooperatif lebih baik dari pada pembelajaran kelompok pola acak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17981

Actions (login required)

View Item View Item