Pemanfaatan media pembelajaran berupa alat peraga dan alat eksperimentasi yang berkaitan dengan peristiwa sehari-hari pada pokok bahasan kalor untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X SMAN 9 Malang tahun pelajaran 2007/2008 / Elly - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media pembelajaran berupa alat peraga dan alat eksperimentasi yang berkaitan dengan peristiwa sehari-hari pada pokok bahasan kalor untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X SMAN 9 Malang tahun pelajaran 2007/2008 / Elly

Astutik, Elly Puji (2009) Pemanfaatan media pembelajaran berupa alat peraga dan alat eksperimentasi yang berkaitan dengan peristiwa sehari-hari pada pokok bahasan kalor untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X SMAN 9 Malang tahun pelajaran 2007/2008 / Elly. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Situasi kelas X SMAN 9 Malang terkesan ramai. Ketika guru menjelaskan siswa bicara sendiri dengan teman sebangkunya siswa terkesan jenuh dan bosan me-ngikuti pelajaran. Siswa juga merasa ngantuk bahkan ada yang tidur pada saat pelaja-ran fisika berlangsung. Pada saat diberi kesempatan untuk bertanya siswa jarang atau bahkan tidak ada yang bertanya. Hal ini mengindikasikan bahwa aktivitas bela-jar siswa kelas X masih rendah. Selain itu diperoleh informasi bahwa siswa kelas X memiliki prestasi belajar fisika yang masih rendah. Hal ini ditandai dengan hasil skor rata-rata ulangan harian siswa kelas X pada pokok bahasan alat-alat optik yang dica-pai hanya 60. Hasil skor ulangan harian tersebut masih jauh dari harapan karena Standar Kelulusan Minimal (SKM) yang ditetapkan SMAN 9 Malang untuk mata pe-lajaran fisika adalah 75 dengan kriteria kelulusan 75%. Rendahnya aktivitas dan prestasi belajar fisika di SMAN 9 Malang ini diatasi dengan mengubah metode ceramah dengan metode baru yaitu pemberian alat peraga dan alat eksperimentasi khususnya pemanfaatannya di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pemanfaatan media pembelajaran berupa alat peraga dan alat eksperimentasi di dalam kelas dalam proses pembelajaran fisika dan mengetahui pengaruh pemberian alat peraga dan alat eksperimentasi terhadap aktivitas dan prestasi belajar fisika siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 9 Malang Tahun Pelajaran 2007/2008. Sampel pene-litian dipilih dua kelas secara random dan terpilih kelas X-4 dan X-6 yang berjumlah 60 siswa masing-masing dijadikan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok pembanding. Kedua kelas tersebut diajar dengan metode yang berbeda. Kelas X-4 diajar dengan metode ceramah dan kelas X-6 diajar dengan metode pemberian alat peraga dan alat eksperimentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Aktivitas belajar siswa pada kelompok eksperimen (60% de-ngan taraf keberhasilan baik) lebih tinggi daripada kelompok pembanding (37 9% dengan taraf keberhasilan kurang). Sedangkan prestasi belajar siswa pada kelompok pembanding meningkat sebesar 3 46 yaitu dari 62 37 menjadi 65 83 dan pada kelom-pok eksperimen meningkat sebesar 13 3 yaitu dari 62 70 menjadi 76. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa pemanfaatan media pembela-jaran berupa alat peraga dan alat eksperimentasi dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Proses pemanfaatan media pembelajaran berupa alat peraga dan alat eksperimentasi di dalam kelas pada pokok bahasan kalor dilakukan pada dua tahapan yaitu tahap persiapan dan pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17980

Actions (login required)

View Item View Item