Penerapan pendekatan kontekstual model inkuiri terbimbing dalam upaya meningkatkan keterampilan proses siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Malang / Agrista Hermaya Tanjung Ciptana Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan kontekstual model inkuiri terbimbing dalam upaya meningkatkan keterampilan proses siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Malang / Agrista Hermaya Tanjung Ciptana Sari

Sari, Agrista Hermaya Tanjung Ciptana (2009) Penerapan pendekatan kontekstual model inkuiri terbimbing dalam upaya meningkatkan keterampilan proses siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Malang / Agrista Hermaya Tanjung Ciptana Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 1 Malang diketahui bahwa fasilitas pembelajaran yang ada di sekolah sangat lengkap. Guru masih dominan menggunakan metode ceramah. Guru jarang melakukan demonstrasi dan melakukan percobaan. Siswa hanya mencatat penjelasan guru menghafal konsep dan mengerjakan soal-soal. Siswa jarang melakukan pengamatan membuat hipotesis dan melakukan percobaan. Hal ini mengindikasikan bahwa upaya menumbuhkan keterampilan proses siswa masih rendah. Salah satu upaya untuk menumbuhkan keterampilan proses siswa di kelas VIIIA melalui penerapkan pembelajaran kontekstual model inkuiri terbimbing. Model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki empat tahapan yaitu pengajuan masalah penstrukturan masalah pengajuan hipotesis dan eksperimen. Pembelajaran dengan metode ini menuntut keterlibatan siswa secara langsung dengan benda konkrit. Siswa dapat mengalami sendiri konsep yang dipelajari dan mengembangkan keterampilan proses siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kontekstual model inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan keterampilan proses siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I pada pokok bahasan pemantulan cahaya dan siklus II pada pokok bahasan pembiasan cahaya. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses siswa secara keseluruhan. Peningkatan keterampilan proses tersebut dari siklus I ke siklus II adalah 22 50% untuk keterampilan melakukan pengamatan 21 25% untuk keterampilan menyusun hipotesis 24 25% untuk keterampilan melakukan percobaan 15 75% untuk keterampilan mengumpulkan data 8 75% untuk keterampilan membuat gambar 18 75% untuk keterampilan menyusun laporan percobaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa keterampilan proses siswa mengalami peningkatan melalui pendekatan kontekstual model inkuiri terbimbing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17979

Actions (login required)

View Item View Item