Hayati, Indah Esti Nur (2009) Pengembangan media pembelajaran menggunakan microsoft powerpoint sebagai media pembelajaran fisika di SMA / Indah Esti Nur Hayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Terdapat kontradiksi antara harapan dan kenyataan pada bidang fisika di Indonesia. Di satu sisi pemerintah mengharapkan adanya pengembangan kemampuan siswa dalam bidang sains khususnya dalam bidang fisika. Sementara di sisi lain kebanyakan siswa menganggap fisika merupakan pelajaran yang sulit untuk dipelajari. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya untuk menghilangkan anggapan tersebut sekaligus untuk menjawab tantangan jaman yang semakin modern. Upaya yang ditawarkan dalam karya tulis ini adalah dengan mengembangkan media pembelajaran berbantuan komputer. Pemilihan media ini didasarkan pada fakta bahwa semakin banyak siswa di Indonesia yang mulai akrab dengan dunia komputer. Pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa Microsoft PowerPoint dapat dijadikan media pembelajaran alternatif dalam pembelajaran fisika. Di samping itu juga untuk mendeskripsikan efek penggunaan Microsoft PowerPoint sebagai media pembelajaran fisika dalam kegiatan pembelajaran. Pengembangan media ini menggunakan model prosedural yang terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama terdiri dari lima langkah yaitu (1) menetukan pokok bahasan yang akan disusun media pembelajarannya (2) menyusun storyboard (3) menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk memperkaya media pembelajaran yang dikembangkan (4) mengembangkan media pembelajaran berdasarkan storyboard dan (5) menyempurnakan media pembelajaran dengan berbagai fasilitas yang dapat digunakan. Tahap kedua adalah tahap uji coba produk hasil pengembangan. Tahap ketiga terdiri dari dua langkah yaitu (1) analisis hasil uji coba produk dan (2) revisi produk. Produk hasil pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer ini telah melalui tahap uji perseorangan. Data uji perseorangan tersebut diperoleh melalui instrumen pengumpulan data berupa angket untuk tiga validator yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan September 2007 dan wawancara langsung dengan ketiga validator. Dari hasil analisis terhadap uji perseorangan tersebut persentase rata-rata yang diperoleh adalah 78 70% sehingga program media pembelajaran ini dinyatakan valid dengan beberapa catatan untuk bahan perbaikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Mar 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17977 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |