Penerapan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis berbasis praktikum dan diskusi pada mata pelajaran fisika pokok bahasan zat dan wujudnya untuk meningkatkan kecakapan sosial dan kecakapan akademik siswa kelas VII-2 SMP Negeri 2 Kalianget Sumenep / - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis berbasis praktikum dan diskusi pada mata pelajaran fisika pokok bahasan zat dan wujudnya untuk meningkatkan kecakapan sosial dan kecakapan akademik siswa kelas VII-2 SMP Negeri 2 Kalianget Sumenep /

Istiqomah, Lianita (2008) Penerapan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis berbasis praktikum dan diskusi pada mata pelajaran fisika pokok bahasan zat dan wujudnya untuk meningkatkan kecakapan sosial dan kecakapan akademik siswa kelas VII-2 SMP Negeri 2 Kalianget Sumenep /. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Istiqomah Lianita.2008. Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Konstruktivis yang Berbasis Praktikum dan Diskusi pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Zat dan Wujudnya untuk Meningkatkan Kecakapan Sosial dan Kecakapan Akademik Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 2 Kalianget Sumenep. Skripsi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Sugiyanto S.Pd M.Si (II) Hari Wisodo S.Pd M.Si Kata kunci konstruktivis praktikum diskusi kecakapan sosial kecakapan akademik Persoalan yang dihadapi SMP Negeri 2 Kalianget bukan hanya terbatas pada upaya membuat kegiatan belajar mengajar lebih menarik tetapi juga bagaimana menumbuhkan dan meningkatkan kecakapan kecakapan sosial dan kecakapan akademik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu studi sistematis terhadap praktik pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan melakukan penerapan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis yang berbasis praktikum dan diskusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis yang berbasis praktikum dan diskusi 2) mendeskripsikan peningkatan kecakapan sosial siswa kelas VII-2 SMP Negeri 2 Kalianget Sumenep dan 3) mendeskripsikan peningkatan kecakapan akademik siswa kelas VII-2 SMP Negeri 2 Kalianget Sumenep. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa guru fisika di kelas ini masih menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran tidak biasa melatih siswa untuk berpikir mandiri selalu menerapkan sistem teacher center kecakapan sosial dan kecakapan akademik siswa masih rendah. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2008 sampai Desember 2008 terdiri dari dua siklus. Hasil refleksi awal mengarahkan peneliti untuk menerapkan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis yang berbasis praktikum dan diskusi sehingga dapat memperbaiki proses pembelajaran meningkatkan kecakapan kecakapan sosial kecakapan akademik siswa. Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis yang berbasis praktikum dan diskusi meliputi pembelajaran yang diorientasikan pada kecakapan personal berpikir sosial akademik dan vokasional siswa. Penerapan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis yang berbasis praktikum dan diskusi dapat terlaksana dengan baik dengan prosentase keterlaksanaan yang semakin meningkat selama siklus I dan siklus II. Hal ini mengindikasikan bahwa guru dan siswa semakin akrab dan kreatif dengan pendekatan pembelajaran yang dilaksanakan. Kecakapan sosial dan kecakapan akademik siswa selama penerapan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis yang berbasis praktikum dan diskusi pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan pada semua aspek kecakapan sosial dan kecakapan akademik baik pada level individu maupun level kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17976

Actions (login required)

View Item View Item